Ada Kartini Di Balik Kemudi Pertamax Turbo

Surabaya – Menyaksikan sosok truk tangki Pertamina Pertamax Turbo sungguh mengesankan di gelaran GIIAS Surabaya 2016. Tak seperti tangki Pertamina pada umumnya yang berkelir merah dan putih, khusus yang membawa Pertamax Turbo berlabur hitam dengan tulisan emas mencolok.

Namun ada sesuatu yang lebih istimewa. Bila selama ini pengemudi truk ataupun tangki di jalanan adalah Kaum Adam, justru di balik kemudi truk MAN Pertamax Turbo adalah sosok Kartini Indonesia. Sungguh membanggakan Pertamina pun mengakomodir dan memberikan kesempatan kepada siapa saja yang memiliki keahlian istimewa. Dia adalah Mahmudah, ibu tiga orang anak yang berasal dari Rewulu, Jogjakarta.

Dengan cekatan wanita berusia 43 tahun ini memarkir tangki bahan bakar RON 98 produk terbaru dari Pertamina di area parkir Grand City Convex. Tanpa perlu didampingi kernet, mata Mahmudah sangat jeli memilih lokasi yang sangat strategis.

“Saya sudah terbiasa membawa truk tangki selama lima tahun,” sapanya kepada Redaksi Otoplasa.

Ramah dan bersahaja, Mahmudah pun menceritakan bahwa sejak usia 15 tahun dia sudah mampu mengemudikan truk. “Waktu itu orang tua memiliki usaha material dan pengiriman kelapa. Nah karena di rumah ada truk, saya coba mengemudikannya dan bisa,” tuturnya.

Setelah mampu mengendalikan kendaraan berbobot besar, Mahmudah semakin tertantang untuk mendapatkan SIM B2. Alhasil sebelum mengemudikan tangki Pertamina, dia telah melanglang di jalanan sebagai sopir bus pariwisata maupun truk selama 20 tahun lebih. Tidak mengherankan wanita berhijab ini banyak memiliki pengalaman menarik.

“Ada cerita lucu ketika berhenti di lampu merah. Kebetulan truk tangki saya bersebelahan dengan bus. Waktu itu sopir bus-nya teriak kepada saya, apa nggak kebalik kernetnya yang nyopir dan saya duduk di sebelah kernet saja,” papar Mahmudah sambil tertawa.

Seiring bertambahnya usia, Mahmudah kerap diingatkan putrinya yang bungsu untuk berhenti dan tinggal di rumah. “Iya, anak saya yang paling kecil bilang di rumah saja. Namun setelah diberi pengertian, dia paham bahwa ibunya bekerja demi anak-anak,” pungkas penyuka badminton dan tenis meja ini. (anto)

Mahmudah sudah 5 tahun mengemudikan truk tangki Pertamina

Nih sosok Truk MAN pembawa Pertamax Turbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[related_post themes="flat" id="403"] Themes: text, flat