Libas Tikungan 80 Km/Jam Tak Masalah

Surabaya – Kehadiran Isuzu mu-X benar-benar membawa nuansa baru di pentas SUV Tanah Air. Bila selama ini pasar kerap diriuhkan Chevrolet Captiva, Ford Everest, Mitsubishi Pajero hingga Toyota Fortuner, kini konsumen bisa mendapatkan alternatif dari produsen diesel sesungguhnya, yakni Isuzu.

Tak bisa dipungkiri, pabrikan otomotif Jepang ini memang spesialisasi pembuat mesin diesel handal, hingga mendapat julukan ‘Rajanya Diesel’. Berbekal hal tersebut mu-X pun coba menarik perhatian dari hegemoni SUV lainnya, terutama Fortuner dan Pajero.

Melawan duo penguasa SUV tersebut memang berat. Namun berbekal harga yang kompetitif dibanding kompetitor, serta beberapa fitur pilihan yang tak terdapat di SUV lainnya, Isuzu mu-X bisa memberikan sensasi tersendiri saat dikemudikan Otoplasa.

Berangkat dari Resto 9 yang berlokasi di Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya, Otoplasa bersama rekan media lainnya membawa mu-X ke arah tol menuju Perak. Sempat melewati kepadatan lalu-lintas khas jalanan Kota Pahlawan yang panas, suhu gerah cepat teratasi dengan hembusan segar AC di kabin mu-X.

Memasuki pintu tol Darmo Satelit, tantangan jalan melingkar yang berada di depan sejauh 300 meter sangat sayang bila terlewatkan. Usai menginjak pedal gas, seketika bobot SUV yang nyaris 2 ton itu melaju sempurna. Dari kondisi diam, akselerasi dan torsinya lumayan melimpah.

Tepat ketika lingkar kemudi dibelokkan ke kiri, seketika itu pula suara roda yang menderit jelas terdengar. Maklum ketika melibas tikungan melingkar 360 derajat tersebut kecepatan mobil telah mencapai kisaran 80 km/jam. Yang bikin kagum, kesan body roll tak terasa. Jujur sebelumnya Otoplasa sempat skeptis dengan desain bodinya yang tinggi. Namun fitur ESC atau Electronic Stability Control yang dipadu TCS-Traction Control System mampu mengeliminir gejala limbung.

Oh ya sekadar catatan, fitur ESC dan TCS tersebut belum terdapat pada kompetitornya di atas. Artinya cukup dalam waktu beberapa menit memesrai Isuzu mu-X, Otoplasa telah menemukan nilai lebihnya. Dimana bisa menjadi pertimbangan utama bagi calon konsumen saat hendak memilih dan meminang SUV di rentang harga Rp 400 juta – 450 juta.

Lantas seperti apa performa Isuzu mu-X saat berada di jalanan yang lurus, akan kita ulas di lain kesempatan. (Antok)

Tampil kekar dan berwibawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[related_post themes="flat" id="516"] Themes: text, flat