Tato Pelacak Kadar Alkohol

Amerika Serikat – Bukan rahasia lagi kecelakaan lalu-lintas akibat konsumsi alkohol menjadi momok bagi pengguna jalan raya. Berbagai cara dilakukan demi menekan angka pengguna alkohol supaya tidak berkeliaran di jalan raya.

Salah satu inovasi fenomenal dipelopori oleh University of California, San Diego. Mereka membikin sensor fleksibel yang melekat pada kulit. Yang menarik sensor ini diletakkan pada lapisan tato sehingga mampu memantau dan mengirimkan data kandungan keringat yang dikeluarkan pemakai.

“Banyak kecelakaan di jalan disebabkan oleh pengemudi dalam keadaan mabuk,” kata Joseph Wang, wakil dari University of California, San Diego.
“Teknologi ini memberikan cara yang akurat, nyaman dan cepat untuk memantau konsumsi alkohol untuk membantu mencegah orang mengemudi sambil mabuk,” imbuhnya.

Bilamana pengguna mengkonsumsi alkohol, otomatis keringat yang dihasilkan bakal memberikan informasi kepada sensor untuk dikirimkan kepada laptop yang telah terinstal aplikasi tertentu. Alhasil bagi penegak hukum yang menemui pengemudi dengan tato demikian, cukup waktu 15 menit untuk menentukan apakah yang bersangkutan memiliki kandungan alkohol yang tinggi dalam keringatnya.

Lantas seperti apa cara kerja sensor tersebut?
Ternyata sangat sederhana. Keringat yang keluar, akan menimbulkan reaksi kimia dan terdeteksi oleh elektroda yang dilapisi oksidasi pemantau alkohol. Bila keringat mengandung alkohol, maka terwujudlah hidrogen peroksida yang bakal dioleh menjadi sinyal listrik untuk dikirimkan oleh sensor via bluetooth.

Nah besar kecilnya volume hidrogen peroksida inilah yang menentukan seberapa banyak yang bersangkutan dalam mengkonsumsi alkohol. Alhasil ke depannya polisi, petugas kesehatan ataupun dokter dapat menentukan dan memantau si peminum alkohol.

Jadi tak selamanya tato hanya sebagai hiasan kulit. Berkat kemajuan teknologi kesehatan, tato bisa tersamarkan sebagai pemantau pengguna itu sendiri. (anto/ photos by  UC San Diego Jacobs School of Engineering)

Sensor fleksibel ini bakal memantau kadar keringat yang mengandung alkohol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[related_post themes="flat" id="327"] Themes: text, flat