Ambulance Jadi Penyelamat Hyundai

Surabaya – Ketatnya persaingan beragam merek otomotif di Tanah Air benar-benar menjadi perhatian serius bagi Hyundai. PT Super Sukses Sejahtera (SSS), selaku main dealer Hyundai di Jawa Timur menerapkan strategi bisnis yang berbeda dengan para kompetitor.

Bagus Tjahjanto R, Branch Manager PT SSS menjelaskan demi bertahan dari gempuran produk Jepang, Hyundai menawarkan hal lain. “Persaingan memang berat, tapi kita mampu bertahan. Yang kini intensif kami tawarkan adalah mobil jenis ambulance dan produk kita banyak menjadi rujukan rumah sakit daerah di Jatim,” kata pria berkaca-mata yang ditemui Otoplasa di showroom Hyundai di Jalan Sulawesi 53 Surabaya.

Tak ayal sebagai mobil penyelamat, ambulance ini juga sebagai juru selamat pabrikan otomotif asal Korea Selatan. “Target kami sebulan adalah 20 unit dari berbagai tipe, dan khusus ambulance bisa terjual hingga 50 persen,” terang Bagus.

Sebagai basis ambulance, Hyundai mempercayakan pada H1 jenis Starex Mover. Mengingat ambulance merupakan kendaraan jenis custom yang disesuaikan dengan kebutuhan rumah sakit, maka Hyundai menawarkan beberapa pilihan tergantung kelengkapan medisnya.

“Harga ambulance ini beragam, mulai dari Rp 450 juta hingga Rp 800 juta ke atas. Perbedaan harga karena ambulance-nya dilengkapi beberapa jenis peralatan medis, yang disesuaikan dengan permintaan rumah sakit bersangkutan,” urainya.

Bila H1 Starex Mover menjadi tulang punggung penjualan Hyundai, di urutan terlaris kedua adalah Santa Fe. Inilah SUV penantang Honda CR-V, Chevrolet Trailblazer, Nissan X-Trail, Mitsubishi Pajero hingga Toyota Fortuner. “Penjualan Santa Fe dari seluruh jenis Hyundai mencapai 25 persen, nah sisanya adalah Tucson, i10 maupun i20,” pungkas Bagus. (ton)

Bagus Tjahjanto R, Branch Manager PT SSS optimis Hyundai mampu bersaing

Santa Fe jadi kontributor utama Hyundai di pasar SUV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *