Inilah Versi Pahe Truk MAN

otoplasa.com – Para pengusaha truk tentu terbiasa dengan merek MAN, nah kini ada versi pahe-nya yang diproduksi di China. Namanya Sitrak hasil kerjasama MAN dan Sinotruk, China.

Yang memasarkan di Indonesia adalah Sun Motor Group melalui PT Sentra Kreasi Niaga. Sitrak yang didatangkan tipe C7H-40.390 6×4. Secara teknologi dan komponen hampir sama dengan MAN TGS 40.400. Bila MAN versi ini berkisar Rp 1,5 miliar lebih, maka Sitrak lebih murah hingga 30-40 persen dan harganya cukup Rp 1,25 miliar.

“Pertama kali diproduksi di China tahun 2011 dan sudah sangat teruji. Apalagi tahun lalu ada unit yang jalan hingga 4 juta kilometer, jadi tidak diragukan lagi. Suku cadangnya pun bisa disubsitusi dengan suku cadang MAN,” ungkap Nugroho Tjandrakusuma, Direktur Sun Motor Group.

Sitrak menawarkan garansi unit selama satu tahun, plus satu tahun lagi untuk jaminan driveline dengan tanpa batas kilometer. Diklaim hemat bahan bakar dengan konsumsi perliter 2,3 kilometer. Terdapat fitur perekam riwayat penggunaan truk, seperti kecepatan dan konsumsi bahan bakar.

“Dapat memantau kinerja pengendara, sehingga kondisi truk bisa terkontrol. Tahun ini kita targetkan terjual 60 sampai 70 unit baik itu Sitrak atau Sinotruk,” terangnya.

Sun Motor Group memasarkan Sitrak bukan tanpa alasan. Pasalnya merek MAN juga berada di bawah naungan grupnya, PT Duta Putera Sumatera sebagai anak perusahaan. Inilah importir dan distributor tunggal MAN Truck & Bus di Indonesia sejak 2008.

Jadi jangan heran penjualan Sitrak masih menyatu dengan diler MAN dan dealer-dealer lain di bawah naungan Sun Motor. Alhasil konsumen pun lebih banyak pilihan, di tengah ketatnya persaingan pasar truk heavy duty di Indonesia. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *