Menakar Branding Mitsubishi Di Garuda

Menuju Segmen Premium
otoplasa.com – Ada yang menarik ketika Otoplasa mencermati berbagai langkah strategi bisnis yang dilakukan oleh Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia. Bersama Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Jepang, berjabat erat dan menjalin kemitraan dengan Garuda Indonesia.

Kini livery logo Mitsubishi Motors dan tagline “Drive your Ambition” menempel di bodi samping belakang satu unit Airbus A330. Pesawat ini melayani rute Internasional, Jakarta – Nagoya pulang pergi sejak 23 Maret 2019 lalu. Jadwal penerbangannya lumayan padat karena terselenggara empat kali dalam satu pekan (Selasa, Jumat, Sabtu, dan Minggu), dimana tersedia Kelas Ekonomi dan Bisnis.

Menilik kerjasama branding tagline seperti di atas, please jangan samakan dengan yang ada di darat. Bila kita kerap melihat berbagai iklan berjalan yang menempel pada kendaraan, baik roda empat atau dua, khususnya di kaca belakang bahkan samping pada mobil pribadi hingga kendaraan roda dua, hal ini jelas berbeda dengan sinergi Mitsubishi – Garuda.

Untuk branding pada mobil maupun motor, tujuannya sebagai penyebaran info ke masyarakat dan harapannya mudah terbaca. Semakin sering kendaraan darat itu berlalu-lalang ke jalanan pelosok atau keliling kota, semakin baik. Artinya bakal ada banyak calon konsumen yang sempat membaca iklan lalu-lalang tadi. Selebihnya para pemilik mobil atau motor yang kendaraannya rela terpasang beragam banner promosi, bakal diganjar mulai lembaran ratusan ribu hingga satu digit jutaan rupiah perbulan.

Lalu bagaimana dengan branding Mitsubishi – Garuda?

Duo Petinggi Garuda Indonesia & Mitsubishi saling bersinergi

Jelas bukan untuk dilihat bagi jutaan pasang mata saat membumbung tinggi di angkasa. Ketika di angkasa pun pihak otoritas penerbangan selalu memantau jarak teraman antar pesawat. Kalaupun jarak antar pesawat mendekati 5 km, seketika radar peringatan berbunyi satu sama lain demi menjaga jarak teraman. Intinya hal mustahil bisa membaca tagline ataupun branding yang tertempel di bodi pesawat satu sama lain.

Kalaupun terlihat mungkin hanya warna identitas biru dan hijau muda khas Garuda. Selebihnya tagline Mitsubishi “Drive your Ambition” hanya sebatas siluete atau bayangan!

Namun bagi pelaku bisnis yang kerap bepergian ke Jepang khususnya Nagoya, inilah kesempatan bagi Mitsubishi untuk lebih menanamkan identitas produknya. Di ruang tunggu keberangkatan internasional, inilah sosok kaum menengah ke atas yang siap menjadi calon konsumen potensial. Di benak penumpang ini pun bakal tertanam bahwa Mitsubishi adalah merek premium. Ya benar, pelan namun pasti Mitsubishi memang menuju ke arah sana.

Contoh nyata ada pada Mitsubishi Xpander. Low MPV yang berwujud cross over persilangan dengan SUV itu, sejak kemunculannya 2017 lalu tak pernah sekalipun melakukan penurunan harga bahkan diskon. Yang ada hampir setiap beberapa bulan sekali selalu ada kenaikkan harga! Bandingkan dengan kompetitor sekelasnya yang banting-bantingan harga.

Keseriusan MMKSI menjaga harga Xpander, lambat laun semakin mencitrakan bahwa Mitsubishi menuju ke era premium. Rasanya dalam waktu beberapa tahun ke depan, pabrikan berlogo tiga berlian ini bakal tak lagi memproduksi mobil penumpang yang harganya di bawah Rp 200 jutaan.

Mitsubishi Xpander jadi kendaraan operasional Garuda Indonesia

Terus berapa harga yang dibayarkan Mitsubishi demi menempelkan brandingnya di Garuda Airbus A330?
Wouw jelas Otoplasa tak paham karena menyangkut urusan dapur perusahaan. Namun tak ubahnya bisnis yang senantiasa berputar, Garuda juga mempercayakan kepada Mitsubishi untuk memakai Xpander varian GLS MT sebanyak 401 unit. Dimana digunakan sebagai kendaraan operasional dan unit shuttle transportasi resmi untuk awak kabin Garuda Indonesia.

Transaksinya seperti apa Otoplasa juga tak paham. Namun kalaupun ditelusuri sebenarnya bisa. Garuda Indonesia sebagai BUMN tentu telah menerapkan kebijakan LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah). Jika ditelusuri via situs resminya dan coba mencari tahu ‘berapa sih harga Xpander’ yang ditawarkan di e-katalog LKPP, maka dapat terbaca jelas. Disini alihkan kolom pencarian lebih spesifik ke kota Tangerang dimana letak kantor Garuda Indonesia berada. Nah bakal ketemu harga yang ditawarkan dealer Mitsubishi via LKPP.

Selanjutnya?
Ya hitung sendiri. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *