Nikkei Umumkan Laba Mazda Turun!

Otoplasa.com – Bursa Saham Tokyo atau Nikkei melaporkan bahwa tak hanya Nissan saja yang mengalami penurunan laba, melainkan juga Mazda. Tak tanggung-tanggung Nikkei menyebutkan anjloknya laba Mazda mencapai 70% untuk periode April – Juni 2019.

Padahal awai tahun lalu ekspektasi Mazda terhadap pasar sebesar 19,7 miliar Yen, hanya saja laba yang diperoleh sekitar 10 miliar yen ($ 92 juta) untuk jangka waktu itu. Dari total penjualan diperkirakan memperoleh 850 miliar yen atau turun sekitar 3% dari tahun lalu.

Sementara itu, penjualan global diperkirakan sekitar 350.000 unit, atau turun sedikit di atas 10% dari tahun lalu. Penurunan utama terjadi di pasar AS dan Cina yang tidak mampu menggaet konsumen demi permintaan model baru. Meskipun demikian Mazda masih beruntung karena bila dibandingkan dengan Nissan, tampaknya tidak ada indikasi pemutusan hubungan kerja atau penurunan dalam produksi dan model.

Hanya saja Mazda menenggarai penjualan sedan kompak dan hatchback yang baru beberapa hari lalu meluncur di Surabaya, yaitu Mazda 3 tidak sesuai dengan harapan secara global. Beberapa inovasi yang ada di Mazda 3 belum mampu mengerek hasil penjualan, khususnya untuk bersaing dengan merek-merek premium Eropa.

Mazda sendiri mengakui beberapa inovasi yang diterapkan mempengaruhi harga jual mobilnya lebih mahal. Dimana sekarang konsumen pun lebih selektif dalam menjatuhkan pilihannya.

Nah jika pasar dunia seperti itu kondisinya, kemungkinan pasar di Tanah Air tak jauh beda. Mengingat Mazda sendiri hadir dan bermain di segmen premium. (anto/01-08-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *