Nissan Pecat Carlos Ghosn

Carlos Ghosn (photo by Marlene Awaad)

Jepang (otoplasa.com) – Kabar mengejutkan datang dari Nissan Motor Co Ltd. Perusahaan otomotif Jepang tersebut berencana memecat Carlos Ghosn, yang merupakan chairman of Nissan dan merangkap chief executive of Renault. Pria yang sempat berjasa mengangkat Nissan dari keterpurukkan keuangan pada 1999, justru terancam menjadi pesakitan. Ghosn bersama Direktur Perwakilan Greg Kelly ditenggarai menggunakan uang perusahaan untuk penggunaan pribadi dan melakukan beberapa tindakan pelanggaran serius lainnya.

Terungkapnya kejanggalan ini berawal adanya laporan dari whistleblower, yang selanjutnya mulai dilakukan penyelidikkan secara intensif. Hasilnya pun di luar dugaan Nissan, dimana ada upaya memalsukan data keuangan perusahaan yang berimbas pada laporan Bursa Efek Tokyo. Kabar juga menyebutkan saat ini pria berdarah Lebanon berkewarga-negaraan Perancis tersebut sedang diinterogasi oleh pihak berwenang di Tokyo.

“Penyelidikan menunjukkan bahwa selama bertahun-tahun baik Ghosn dan Kelly telah melaporkan kondisi Bursa Efek Tokyo yang kurang dari jumlah sebenarnya,” bunyi pernyataan Nissan dalam rilis resminya.

Sementara itu CEO Nissan, Hiroto Saikawa mengusulkan kepada dewan Nissan untuk melengserkan Ghosn dan Kelly. Saikawa sendiri, merupakan pengganti Ghosn dan baru dilantik pada 2017 lalu. Ghosn mengundurkan diri sebagai CEO Nissan pada 2017, dan lebih berkonsentrasi memantau alinasi tiga raksasa otomotif dunia, antara Nissan-Renault-Mitsubishi.

Sejauh ini kabar panas pemecatan Ghosn berimbas pada turunnya saham Renault hingga 13 persen di Paris, dan menjadi salah satu saham berkinerja terburuk di Eropa.
Lantas bagaimana dengan Indonesia?
Otoplasa pun menghubungi Hana Maharani selaku Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI) dan menyatakan belum ada pernyataan resmi dari NMI. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *