Pakai F1 & Honda Type R, Beda 46 Detik!

otoplasa.com – Tak mengherankan mobil Formula 1 (F1) merupakan puncak teknologi otomotif terkini. Bayangkan saat diadu perbandingan waktunya dengan mobil produksi massal oleh pembalap yang sama di sirkuit yang sama.
Perbedaan yang dibikin lumayan mengangga dengan selisih 46 detik.

Itu terjadi pada mobil F1 dan Honda Civic Type R yang dikemudikan mantan juara dunia F1, Jenson Button. Jenson adalah pemegang rekor lap time di Sirkuit Mount Panorama, Bathrust, Melbourne Australia dengan catatan waktu 1:48,8 menit di ajang F1 Australia Grand Prix.

Lalu ketika didaulat kembali ke sirkuit dengan Honda Type R produksi massal, dia mencatatkan waktu 2:35,207 menit. Bandingkan catatan keduanya berselisih 46 detik.

Jenson meraih best time melalui 14 putaran dalam sesi sepanjang satu jam di pagi hari, serta sesi sepanjang 10 menit di sore hari. Dengan mengandalkan pengalaman balapnya selama 17 tahun di 306 ajang balap, Jenson dapat melibas trek sulit di Bathrust.

“Catatan waktu 2 menit 35 detik adalah pencapaian yang sangat baik untuk mobil berpenggerak roda depan, bahkan dalam cuaca panas. Saya pikir apabila cuacanya dingin maka mobil ini dapat sedikit lebih kencang, tetapi saat ini saya sudah mendapatkan semua yang saya butuhkan dalam sebuah mobil. Civic Type R adalah mobil yang sempurna untuk mengikuti tantangan time attack, dan sebagai mobil dengan standar produksi massal, tentu pencapaian 2 menit 35 detik sangat fantastis,” terang mantan pembalap Tim Brawn. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *