Positif, CCM Spitfire Siap Ekspansi Manca Negara

Inggris (otoplasa.com) – Ekslusif! Ya benar-benar sangat eksklusif karena tak semua orang bisa memiliki motor buatan Inggris, CCM (Clews Competition Machines) Spitfire. Betapa tidak sang pendiri, Alan Clews membangun pabrik motor sendiri sejak 1971, dan lebih senang mengikuti beragam balapan.

Kesibukannya sebagai pembalap merangkap mekanik hingga membangun motor, sangat wajar dia tak terlalu berambisi mengejar volume produksi. Namun berkat kepiawaiannya dalam meracik motor kompetisi, pelanggannya mulai berdatangan. Kini motornya terkenal sebagai salah satu merek paling sukses di pentas balap internasional ala motocross, flat-track, trials, supermoto, dan road racing competition.

Keunikkan motor ini memang hanya di jual di UK. Kalaupun ada orang luar berminat dan ingin memboyongnya keluar dari Inggris, motor CCM tersebut harus terlebih dulu terregistrasi di negara asal. Selain itu aturan homologasi di Negeri Ratu Elizabeth ini sangat berbeda dengan negara-negara Eropa yang lain. Bila CCM akan dijual di Eropa, wajib melakukan beberapa desain penyesuaian yang ditujukan pada pasar Benua Biru. Sementara banyak konsumen yang ingin menikmati keorisinilan CCM tanpa ada intervensi aturan.

Di satu sisi CCM menerima order hingga 1.200 unit sebulan, di sisi lain pasar Eropa berminat tapi dengan beragam aturan. Alhasil CCM pun lebih memilih pasar domestik. Namun seiring dengan semakin meningkatnya brand produk, mau tak mau CCM mulai membuka diri dan berencana membuka dealer di beberapa negara. Nah negara yang disasar adalah Perancis, Italia, Spanyol, dan Jerman.

Asia bahkan Indonesia?
Tampaknya nggak dulu deh. Kecuali ada importir maniak motor yang siap memboyong CCM yang memang sangat cantik ini. (anto)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *