Positif, Suzuki Penyebab Mitsubishi Hentikan T120SS

otoplasa.com – Maksud hati ingin tetap jualan, namun apa daya jika mitra bisnis mengalihkan ke model yang lain. Itu terjadi dan berimbas pada kerjasama antara PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Dimana keduanya bersinergi dalam memasarkan si kembar Suzuki Carry dan Mitsubishi T120SS.

SIS yang dipercaya oleh MMKSI dalam merakit T120SS, rupanya pindah haluan dengan bersiap meluncurkan All New Carry 2019. Akibat strategi bisnis yang diterapkan sang mitra, maka bisa ditebak sinergi ini pun berakhir.

Meski tak mengakuinya secara gamblang dibalik penyetopan penjualan T120SS, namun Director Sales Marketing PT MMKSI, Irwan Kuncoro menegaskan bahwa LCV (Light Commercial Vehicle) sesungguhnya masih banyak peminatnya. Tapi dia optimis pengguna setia Mitsubishi akan lebih memilih LCV yang lebih lapang baknya.

Irwan Kuncoro (tengah) tetap optimis L-300 & Triton bisa sebagai alternatif pilihan kendaraan komersial

“Kami ada L-300 yang memiliki kapasitas angkut yang lebih banyak dan besar. Dimana hitungan bisnisnya bagi pengusaha lebih menguntungkan memiliki pick up yang memiliki daya angkut lebih besar seperti L-300,” wantinya.

Irwan menambahkan fenomena lainnya adalah makin banyak pengusaha yang bergeser ke Triton. “Ini terjadi pula pada pengguna L-300 beralih ke Triton. Jadi ada pergeseran pemilihan kendaraan bisnis yang lebih baik,” terangnya saat menghadiri acara peresmian Dealer Srikandi Wiyung, Surabaya, Senin (18/03) kemarin.

Nah ini biangnya, All New Carry 2019 (source: IG Indra F)

Kendati kini tak ada T120SS, Irwan tak menampik Mitsubishi masih memantau pasar komersial yang baru ditinggalkan. Hanya saja yang dilakukan Mitsubishi masih sebatas pengamat. “Memang T120SS hasil kerjasama dengan Suzuki. Tapi kita masih mengamati pasar di segmen ini,” tuturnya.

Akhirnya terungkap penyebab Mitsubishi tak lagi memasarkan T120SS sejak Februari 2019. Akibat Suzuki yang bersiap menghadirkan All New Carry 2019. Desain Carry terbaru kini ada moncong ala Daihatsu Granmax. Bila seperti ini, kemungkinan radiator berpindah ke depan dan dampaknya ruang kabin bakal lebih adem.

Kita tunggu saja All New Carry 2019 yang bakal hadir sebentar lagi. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *