Taksi Online Dongkrak Penjualan Mobil Bekas

Surabaya – Maraknya taksi online beberapa bulan terakhir, ternyata berdampak langsung terhadap penjualan mobil bekas. Berdasarkan keterangan sejumlah pemilik show room mobil bekas di arena Bazaar Mobil Bekas di JX-International, sejak empat bulan lalu sudah terlihat tanda-tanda peminat mobil bekas untuk usaha taksi online.

“Kebanyakan mereka uang mukanya kecil,  jadi hanya lembaga pembiayaan (Leasing) tertentu yang sanggup mengcover. Dari unit yang diminati, antara lain Avanza, Xenia, Livina dan sejenisnya. Kalau tahun keluaran, kebanyakan di atas 2010”, ujar Linda Gunawan, dari Berkat Sejahtera Motor.

Selama lima hari pameran, sejumlah show room mengaku sudah terjual di atas 10 unit. Para peminat mobil bekas ini, selain pelanggan lama yang sering tukar tambah mobil. Juga banyak pelanggan baru dari sejumlah daerah, dengan berbagai alasan kebutuhan. Tentu harga miring dengan kualitas terjamin, menjadi alasan utama memilih membeli mobil bekas lewat showroom.

“Memang banyak yang mengaku untuk usaha taksi online, karena hasilnya cukup menjanjikan. Minimal sudah bisa nutup biaya cicilan, selama mobil tersebut dioperasikan sebagai taksi online”, ujar petugas dari Success Mobil yang mengaku sudah laku 15 unit pada hari kelima pameran.

Kebutuhan taksi online, selain murah tarifnya dibanding taksi konvesional, juga lebih praktis, pelayanan ramah, mobil bersih dan cepat ordernya. “Saya kalau ke mall bersama keluarga, sekarang memilih menggunakan taksi online. Kita tidak perlu antri ke tempat parkir yang kadang bikin pusing, serta saat pulang tidak menghubungi sudah ditunggu di lobby mall”, itu alasan Agus, warga Surabaya salah satu pelanggan taksi online.

Pernyataan Agus diamini Mulawarman, warga Rungkut yang sekarang juga mimilih menggunakan taksi online saat bepergian di dalam kota bersama keluarganya. “Sekarang banyak operator taksi online di Surabaya, jadi kita tinggal memilih mana yang lebih murah dan cepat. Kalau pelayanannya rata-rata bagus, mobilnya bersih dan wangi serta drivernya sopan”, kata Mulawarman berdalih.

Premium Juga Laku Keras

Meningkatnya pembeli mobil bekas, ternyata tidak hanya kelas menengah. Namun mobil-mobil premium seperti  Pajero, Alphard, Mercy dan sebagainya, juga laku keras selama pameran. “Saya sebagai pemilik show-room yang banyak menjual  mobil premium, juga laku keras semalam ikut dalam Bazaar Mobil bekas kali ini. Mungkin situasi ekonomi di luar mulai membaik, sehingga penjualan mobil bekas ini mengalami peningkatan”, ujar Yusak, owner Anugrah Motor.

Yusak menambahkan, kosumen yang membeli mobil premium itu selain pelanggan lama, juga banyak pembeli baru. Mereka juga tidak saja berasal dari Surabaya, melainkan juga banyak yang dari luar kota. Bahkan tidak sedikit yang dari luar pulau. “Ini yang membeli mobil di tempat saya, banyak yang dari luar pulau. Mereka umumnya juga punya rumah di Surabaya, atau warga Surabaya yang bekerja di luar Pulau, tetapi kebutuhan kendaraan tetap ambil dari Surabaya”, jelas Yusak.

Meningkatnya penjulan mobil bekas ini, juga bisa dirasakan dari gairahnya kegiatan pameran mobil bekas di sejumlah tempat di Surabaya. Selain di tempat-tempat permanen seperti mall, juga ada yang insidentil beberapa saat saja. “Memang, kalau insdentil seperti di JX-International ini hasilnya penjualannya lebih bagus. Selain lokasinya yang strategis, bisa ditempat dari sejumlah jurusan, luar kota terutama, tempatnya juga luas dan dingin”, ujar Hariyanto, Event Orgainzer penyelenggara pameran Mobil Bekas. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *