Wajar Xpander Was-Was Dengan All New Livina

otoplasa.com – Tepat Selasa (15/05) siang, Otoplasa bersama beberapa rekan media online dan cetak keluar dari dealer Nissan – Datsun Ahmad Yani Surabaya. Tujuannya jelas, kami akan menjajal tol yang sehari sebelumnya diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, yakni Pandaan – Malang.

Surabaya – Malang via tol bisa 1 jam

Demi misi mengemban dan menyampaikan informasi seperti apa sosok tol tersebut (yang pasti trafiknya bakal melonjak saat mudik lebaran nanti), kami pun ditemani oleh All New Nissan Livina dan All New Serena. Saat keberangkatan, Otoplasa sengaja memilih pergi bersama Livina. Maklum, ada tugas tersembunyi seperti apa perbedaan antara Livina dan Mitsubishi Xpander, mengingat kedua Low MPV ini sebangun.

Saat berada di dalam kabinnya terasa sungguh nyaman. Maklum joknya adalah kulit sintetis dan terkesan mewah. Oh ya, gara-gara All New Livina hadir dengan jok kulit, Xpander yang sebelumnya tak berlapis kulit ikut-ikutan berbenah. Tersirat namun tak tersurat, ada kecemasan para petinggi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) bahwa apapun fitur Xpander jangan sampai kalah!

Apa kini Xpander sudah lebih unggul mengingat dia menjadi satu-satunya Low MPV yang memiliki fitur cruise control yang terdapat pada tipe Ultimate?
Wouw belum tentu.

Tarif Pandaan – Malang masih gratis

Tak ubahnya Toyota yang mengangkangi Daihatsu, di Jepang sana Nissan-lah yang mengatur ritme Mitsubishi. Nissan sebagai pemegang saham terbesar hingga 34 persen setelah Mitsubishi Corporation, berhak menentukan platform, pengembangan R&D, dan pertumbuhan penjualan di berbagai negara. Artinya apa yang terjadi di Indonesia tak terlepas dari peran Nissan sebagai penentu kebijakan.

Oke Xpander pada tipe Ultimate boleh memiliki cruise control, namun Nissan berupaya memberikan rasa yang berbeda pada All New Livina. Rasa inilah yang Otoplasa kupas saat berada di dalam kabinnya.

Membandingkan antara Xpander dan Livina yang seplatform, mungkin bisa 11 – 12. Namun bagi yang telah menjajalnya di jalan tol hingga kecepatan 160 km/jam, perbedaan itu bisa muncul. Entah apa karena desain bagian depan Livina yang lebih aerodinamis dibandingkan Xpander, yang berimbas kabinnya lebih terasa senyap.

Ada yang berbeda pada All New Livina

Hal lainnya adalah suspensi. Di Livina ada keunikkan suspensinya lebih terasa smooth meredam goncangan dibandingkan Xpander. Speed trap yang dilewati tak terlalu menggangu. Terkesan suspensinya lebih empuk dari saudaranya. Bila suspensi Livina lebih empuk, yang dikhawatirkan tentu bakal limbung saat melintas tikungan dengan kecepatan tinggi. Namun itu tak terjadi saat digeber di tol arah Pandaan Malang yang lumayan berkelok.

Akurasi kemudinya tetap tinggi dan mengikuti kemauan pengemudi. Di sini terungkap bahwa Nissan membawa nilai lebih pada Livina. Kalau boleh dikata, Nissan berhasil mempermak Xpander menjadi lebih baik dan itu adalah All New Livina.

Jika sudah begini pilih yang mana?
Semua Otoplasa kembalikan kepada pembaca. Intinya silahkan test drive kedua mobil tersebut, dan barulah temukan bedanya!
Oh ya info menggembirakan lainnya adalah tarif tol dari Pandaan – Malang masih gratis. Hebatnya lagi bila dulu Surabaya – Malang bisa 3 jam, kini terpangkas hingga menjadi kisaran 1 jam. Bila berangkatnya dengan All New Livina, arah balik ke Surabaya, Otoplasa menjajal All New Serena.

Akan Otoplasa bahas esok hari mengingat ada hal yang seru seputar tol Malang – Pandaan.(boi)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Otoplasa.com (@otoplasa) on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *