Wuling Almaz Berpeluang Bikin Lemas

otoplasa.com – Wuling Motors Indonesia semakin eksis di jagat otomotif Tanah Air. Usai memasarkan Low MPV Confero yang berlanjut ke Middle MPV Cortez hingga Blindvan Formo, kini terlahir SUV Almaz. Namanya dari Bahasa Arab yang berarti berlian, dan sepengetahuan Otoplasa julukan ini mungkin yang kali pertama ada di dunia otomotif Indonesia. Maklum sebelumnya nama-nama didominasi dari Bahasa Latin, Inggris atau Indonesia sendiri hingga Sansekerta.

Harga memang belum diumumkan, namun seperti tradisi Wuling yang sudah-sudah, bakal mengejutkan saat hadir di kelas yang baru, Middle SUV alias bisa bikin lemas merek yang lain. Wuling Almaz akan bersua dengan kompetitor ala Honda CR-V, Nissan Xtrail, Toyota Fortuner hingga Mitsubishi Pajero. Sebagian pesaing memang ada yang bermesin diesel, namun Almaz cukup pede dengan beragam fitur yang disandangnya.

Dari eksteror fiturnya yang kentara adalah sebagai berikut;
– Lampu LED proyektor di bagian depan, dimana terdapat LED DRL sipit di sisi atas dan lampu kabut di sisi bawah.
– Spionnya dibekali lampu sein dengan visualisasi kamera 360 derajat, yang berguna memantai sekeliling mobil terutama saat parkir.
– Velg bawaan 17 inci yang siap menerjang kondisi jalanan Tanah Air yang kerap berlubang.
– Ini yang gila ciri khas SUV premium, yaitu sunroof berukuran 0,27 meter dengan panoramic sunroof seluas 0,82 meter.
– Tak ketinggalan antena model sirip hiu yang berpadu cantik dengan rear spoiler.

Masuk bagian interior, terdapat;
– Layar monitor berukuran 10,4 inci yang mampu memantau AC, vehicle setting, Tire Pressure Monitoring System, dan penampilan kamera 360 derajat. Disini ada fitur khas Wuling Link.
– Lingkar kemudi terdapat audio steering swtich.
– Jok mobil berbalut semi kulit, dimana kursi pengemudi telah mengadopsi pengaturan elektrik.
– Jok baris kedua terdapat port USB.
– Hiburan audio pun tergolong istimewa berkat terpasangnya Infinity by Harman Kardon dengan 4 buah speaker, 4 buah tweeter, dan sebuah subwoofer.
– Fitur canggih lainnya adalah passive keyless entry dengan start stop button.
– Electroinc parking brake dengan auto vehicle hold, dan juga cruise control.
– Serta sistem pengereman ABS, EBD, dan BA.
– Hingga 4 buah airbag yang diposisikan di sisi depan dan samping.
– Fitur lainnya adalah seatbelt reminder, emergency stop signal, ESC, Hill Hold Control, dan traction control termasuk sensor parkir 4 titik.

Dapur pacu menggunakan 1.500cc Turbo Honeywell dengan daya 140 hp pada 5.300rpm dan torsi 250 Nm (1.600 – 3.600 rpm). Memakai transmisi CVT buatan BOSCH dengan 8 percepatan virtual dengan dua mode berkendara, Eco dan Sport.

Berjibun fitur di Wuling Almaz bisa saja tak tergali sempurna bila kemasannya ala SUV yang ada di pasaran. Untunglah Almaz beda dan bisa menjamin siapa saja akan meliriknya. Ini berkat desain dan sosoknya yang kekinian. Coba apa yang membikin Mitsubishi Xpander sukses merebut puluhan ribu konsumen dalam waktu singkat?
Saat Otoplasa bertanya kepada pemilik Xpander, sebagian besar tertarik karena desainnya!

Nah desain Almaz adalah cerminan SUV modern yang stylish. Ada lampu sipit hingga bagian ala skop di kiri kanan. Intinya nyaris mengikuti kesenangan konsumen yang terdapat di Xpander pula.

Bakal laku?
Sekarang menanti hendak bermain di rentang harga berapa Wuling Almaz. Apakah budget Rp 275 juta hingga melebihi efek psikologis Rp 300 juta ke atas?
Ya ditunggu saja. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *