Akhirnya Honda Beri Garansi 5 Tahun

Australia – Pabrikan otomotif Honda akhirnya memberanikan diri memberikan layanan garansi hingga 5 tahun atau jarak tempuh km tak terbatas selama periode garansi bagi setiap mobil yang dibeli pada 1 Juli 2017 di Australia. Keputusan itu diambil berdasarkan reputasi daya tahan produk Honda dan menjadi satu-satunya Agen Pemegang Merek (APM) asal Jepang yang kali menerapkan layanan di Benua Kangguru.

Sebelumnya rata-rata produsen mobil hanya berani memberikan garansi selama 3 tahun atau 100.000 km. Dengan terobosan Honda, maka layanan yang sama bakal bersaing dengan Skoda dan Renault. Sedangkan KIA menjadi satu-satunya pabrikan otomotif yang memberikan jaminan garansi terlama karena mencapai hingga 7 tahun.

Honda Australia director Stephen Collins menjelaskan di tengah persaingan pasar yang sengit, konsumen sangat berharap ada layanan lebih yang bisa mereka peroleh. “Kita perlu langkah-langkah inovatif dan Honda Australia telah melakukannya dengan benar. Jaringan kita yang tersebar sebanyak 107 dealer selalu fokus meningkatkan layanan kepada para konsumen kami”, katanya.

Akankah layanan garansi 5 tahun ini bisa diterapkan di Indonesia?
Sesungguhnya sangat bisa.
Hanya saja produsen otomotif harus mempertimbangkannya masak-masak mengingat sarana dan prasarana kondisi jalanan di Tanah Air masih jauh dari kondisi ‘nyaman dan aman’. Jalanan yang berlubang, berlumpur atau tak rata tentu menjadi penyebab utama beberapa komponen di mobil akan mengalami kerusakkan lebih awal. Yang akhirnya bakal mempengaruhi garansi dari kendaraan bersangkutan.

Bandingkan dengan Australia dimana jalanannya terbilang mulus beraspal. Jadi jangan heran masa garansi dari setiap pabrikan otomotif yang ditawarkan ke pasar negara bersangkutan, sangat bergantung dari kondisi di negara tersebut. (ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *