Asyik, Jembatan Suramadu Bakal Gratis

Surabaya (otoplasa.com) – Sering melewati Tol Suramadu (Surabaya-Madura)?
Kabar gembiranya jembatan tol terpanjang di Indonesia itu bakal gratis.

Presiden Joko Widodo berencana membebaskan biaya tol Surabaya-Madura (Suramadu), akhir Oktober mendatang seperti disampaikan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Menurut gubernur yang bakal meninggalkan jabatannya tersebut, Presiden Jokowi akan meninjau Tol Suramadu dalam rangka merealisasikan rencana pembebasan biaya tol.

“Ini berita bagus, Pak Presiden Jokowi akan membebaskan tarif Tol Suramadu,” kata Soekarwo saat mendampingi Menteri Perhubungan di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sabtu (20/10).

Pemerintah berharap seiring dengan pembebasan biaya tol, secara otomatis biaya distribusi barang dari dan menuju Pulau Madura akan semakin murah dan mempercepat pembangunan Madura.

Sesungguhnya tarif tol Suramadu telah mengalami pemotongan hingga 50 persen. Dari tarif Rp 30 ribu untuk kendaraan golongan I, berkurang menjadi Rp 15 ribu. Sebelum adanya ‘diskon’, santer terdengar jalan bebas hambatan Suramadu adalah yang termahal di Indonesia.

Khusus tarif yang berlaku hingga sekarang, untuk kendaraan golongan I-V, masih dibebankan mulai Rp 15 ribu – 45 ribu. Bila akhir Oktober nanti gratis, maka mengikuti nasib pelintas roda dua yang sebelumnya telah digratiskan melewati Suramadu.

Oh ya, selain industri yang diperkirakan bakal berkembang, pariwisata hingga berburu kuliner juga akan demikian. Seperti diketahui Madura juga memiliki lokasi wisata yang kerap menjadi tujuan utama, ala Bukit Jeddih hingga kuliner kaldu sumsum, serta bebek pedasnya. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *