Bahaya Ekonomi Dikaitkan Dengan Politik!

GIIAS The Series 2019 Surabaya
otoplasa.com – Gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2019 Surabaya disambut positif oleh Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi. Di hadapan media, Kamis (28/03) di Jalan Bali Surabaya, Yohanes menegaskan ajang GIIAS 2019 tak terpengaruh dengan kondisi politik di Tanah Air yang bakal menghelat Pilpres.

“Banyak yang menyebut di tahun politik bakal berimbas dengan ekonomi termasuk ajang otomotif seperti GIIAS. Kenyataannya teman-teman media banyak yang hadir di sini dan tak terjadi apa-apa,” tutur Yohanes.

“Coba lihat Thailand yang juga menggelar pemilu, dimana disana ada junta militer, kenyataannya penjualan otomotifnya melebihi Indonesia khususnya roda empat dan tidak terjadi apa-apa. Jadi pandangan mengaitkan antara faktor ekonomi dan politik berbahaya sekali. Jangan dikaitkan,” wantinya.

Yohanes memaparkan kehidupan masyarakat di tahun politik seperti ini berjalan seperti biasanya. Untuk itu dia mengharapkan kekhawatiran ekonomi melambat atau terpengaruh kondisi politik jangan dibesar-besarkan. “Harusnya tahun politik seperti sekarang disebut pesta politik dan kita bisa merayakannya dengan baik. Seperti ajang GIIAS 2019 Surabaya nanti yang bisa membikin masyarakat Surabaya terhibur dan ekonomi semakin bergairah,” papar Yohanes.

Penyelenggaraan GIIAS di Surabaya menjadi salah satu elemen penting pendorong pertumbuhan industri otomotif. Sebagai kota terbesar kedua, Surabaya memiliki potensi besar untuk memperkenalkan model dan teknologi terbaru dari kendaraan terkini.

Menurut rencana pembukaan GIIAS Surabaya akan dibuka secara resmi oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, Jumat (29/03). Yohannes menjelaskan pemilihan Surabaya sebagai tuan rumah pembuka perhelatan akbar GIIAS The series 2019 mengingat antusiasme warga Jawa Timur dan posisi perkembangan industri otomotif di Indonesia. “GAIKINDO berharap kunjungan dari Bapak Airlangga akan memberikan semangat positif bagi para pelaku industri otomotif di Surabaya,”ujarnya.

GAIKINDO, ungkap Yohannes, memiliki keyakinan bahwa GIIAS Surabaya menjadi awal yang baik untuk permulaan GIIAS The Series. Jawa Timur memiliki sejarah yang baik dalam penjualan kendaraan bermotor terutama mobil penumpang dan komersial.

Yohannes menjelaskan GIIAS The Series ini akan semakin mengukuhkan penyelenggaran pameran yang tidak lagi terkesan Jakarta sentris. Pameran GIIAS selalu dimulai dari Jakarta. Selama ini, ungkap Yohannes, penjualan kendaraan bermotor selalu terkonsentrasi di Pulau Jawa. Pada delapan tahun lalu, komposisi penjualan kendaraan bermotor di Pulau Jawa sebesar 82 persen dan di luar Jawa 18 persen. Tahun 2018, komposisi terus bergeser yakni Pulau Jawa 60 persen dan 40 persen di luar Jawa.

Melalui The Series ini, Kota Surabaya dan Makassar akan mewakili industri otomotif wilayah Indonesia Timur sementara Jakarta dan Medan mewakilan wilayah Indonesia Barat. Itu sebabnya, GIIAS The Series ini diawali Surabaya, kemudian Jakarta, Makassar dan terakhir Medan.

Jawa Timur sendiri, kata Yohannes, menjadi propinsi ketiga terbesar dalam penjualan kendaraan bermotor setelah Jawa Barat dan DKI Jakarta. Industri otomotif masuk dalam 5 sektor terpenting dalam meningkatkan perekonomian negara.

Industri otomotif di Indonesia sangat positif namun tidak mungkin tersentral di wilayah Jakarta dan sekitarnya mengingat harga tanah semakin mahal untuk pengembangan pabrik. Alternatifnya, bergeser ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur dimana dulu masih terkendala arus transportasi sekarang sudah didukung dengan adanya tol Trans Jawa.

Sampai akhir 2018, sebut Yohannes, penjualan kendaraan bermotor secara nasional sebesar 1,6 juta unit. Sedangkan ekspor kendaraan bermotor baru di angka 270 ribu unit. ”Target GAIKINDO pada 5 hingga 6 tahun ke depan, ekspor bisa mencapai 1 juta unit dan angka penjualan terus digenjot. Kami berharap lewat pameran, masyarakat lebih memilih kendaraan yang dibuat di Indonesia daripada kendaraan impor,”paparnya.

Sementara itu, Project Director GIIAS 2019 The Series, Sri Vista Limbong, menyebutkan, bahwa GIIAS Surabaya akan diikuti oleh merek-merek otomotif dari seluruh lini industri otomotif. GIIAS Surabaya 2019 tahun ini akan menampilkan total lebih dari 30 exhibitors, dari passenger car, commercial vehicle, dan supporting industries.

”Sebagian besar dari APM memastikan akan menghadirkan produk terbaru unggulan mereka di GIIAS Surabaya 2019,”tukasnya.

GIIAS Surabaya 2019 akan menghadirkan 12 merek passenger car seperti Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling, serta 3 merek commercial car yakni DFSK, Fuso dan Isuzu. Selain itu, 4 merek sepeda motor; Honda, Suzuki, Yamaha, Viar, serta beberapa merek dari industri pendukung akan menyemarakkan suasana disepanjang penyelenggaraan pameran.

Berbagai penawaran dan promo telah dipersiapkan panitia untuk memanjakan pengunjung. Bagi pengunjung Wanita, GIIAS Surabaya 2019 memberikan penawaran spesial yakni Ladies Day Out, gratis masuk untuk seluruh pengunjung wanita pada Rabu (3/4/2019) dari pukul 10.00-16.00 WIB.

Dan untuk seluruh pengunjung, ada promo pemberian Voucher BBM gratis dimana pengujung berkesempatan mendapatkan voucher BBM senilai Rp.25.000, setiap pembelian tiket masuk pada weekdays. Dan khusus weekends serta hari libur nasional pengunjung berkesempatan mendapatkan voucher BBM senilai hingga Rp.100.000,- dengan menunjukkan tiket masuk pameran, dan surat pemesanan kendaraan (SPK), (Program ini berlaku selama pameran berlangsung, syarat dan ketentuan berlaku, selama persediaan masih ada).

Selain memberikan berbagai macam promo, GIIAS Surabaya 2019 juga memiliki berbagai macam program dan penawaran menarik baik dari APM peserta maupun dari industri pendukung yang akan turut memeriahkan pameran. Berbagai program juga akan menyemarakkan GIIAS Surabaya, seperti program annual test drive, test ride, community gathering dan auto contest.

Program terbaru dan yang paling menarik dari GIIAS Surabaya 2019 adalah workshopgratis di GIIAS Autopreneur dengan menghadirkan beberapa influencer otomotif serta pakar-pakar otomotif di Surabaya. Tak ketinggalan juga ada GIIAS Vlog Contest yang terbuka untuk siswa-siswi serta mahasiswa. Ada pula Student Day, kunjungan pelajar ke GIIAS Surabaya yang diikuti oleh siswa SMK dan mahasiswa dari universitas se-Surabaya untuk mengunjungi pameran GIIAS Surabaya 2019.

GIIAS 2019 The Series akan dimulai di Surabaya pada 29 Maret-7 April 2019, kemudian Jakarta, 18-28 Juli 2019 bertempat di ICE, BSD City, kemudian disusul dengan Makassar, 4-8 September 2019, bertempat di Celebes Convention Center, dan ditutup di Medan, 23-27 Oktober 2019, berlokasi di Santika Convention Center. Dapat dipastikan dengan mengusung konsep baru, GIIAS 2019 The Series akan menjadi ajang bergengsi bagi para pecinta otomotif Indonesia. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *