Ban Goodyear Bikin Mobil Terbang

otoplasa.com – Maraknya prototipe mobil terbang, menarik minat Goodyear membikin hal serupa. Yang menarik produsen ban asal Amerika Serikat ini tak meninggalkan warisan leluhurnya. Mobil terbang rekaannya justru menggunakan ban sebagai tenaga penggerak baling-baling.

Ban yang didesain sedemikian rupa itu saat di darat berfungsi sebagai ban pada umumnya. Hanya saja ketika dibutuhkan untuk terbang, salah satu ban di bagian kiri dan kanan akan terangkat. Jadi satu ban baik di kiri dan kanan menjadi penopang, sementara ban lainnya berperan sebagai baling-baling dan berfungsi mengangkat mobil ke atas. Sangat praktis!

Terobosan Ban Aero Goodyear yang dipamerkan di Geneva Motor Show sukses menggaet banyak pengunjung. Bila inovasi yang dilakukan jadi terwujud, tak tertutup kemungkinan Goodyear bakal menjadi produsen kendaraan mobil terbang.

Keistimewaan ban rancangannya yang bisa berfungsi sebagai baling-baling ini lumayan kompleks, diantaranya;
– Multimodal Design: Ban Aero-nya mengusung mesin rotor, namun dinding terluarnya tetap berlapiskan karet yang mampu menyerap goncangan di darat. Bila dibutuhkan untuk terbang, ban Aero bisa melipat sesuai kebutuhan dan berperan menjadi baling-baling.
– Non-Pneumatic Structure: Ban Aero tak lagi menggunakan udara atau nitrogen sebagai isi angin dari ban itu sendiri. Strukturnya yang kompleks lebih diutamakan karena bannya berfungsi pula sebagai tenaga penggerak.
– Magnetic Propulsion: Ban Aero mengusung teknologi medan magnet yang dianggap minim gesekan. Goodyear berupaya meramu ban tak hanya sebagai penopang kendaraan di darat, namun juga bisa sewaktu-waktu berubah untuk keperluan di udara.
– Optical Sensing: Ban Aero menerapkan teknologi fiber optic sebagai input data kondisi jalanan, penggunaan ban, dan mensikronkan segala fungsi yang ada pada ban itu sendiri. Dunia penerbangan yang teramat ketat peraturan keselamatannya, memaksa Goodyear harus mampu menciptakan ban Aero sedini mungkin menganalisa segala data yang dibutuhkan secara cepat dan akurat.
– Artificial Intelligence (AI): Disini ban Aero harus mampu berinteraksi dengan perangkat yang ada di kendaraan lain. Interaksi dan komunikasi antar kendaraan bakal menciptakan keteraturan yang meminimalisir terjadinya kecelakaan, baik di darat maupun di udara.

Apakah ban Aero ini nyata?
Memang Goodyear belum melakukan demo secara nyata karena ini masih berupa terobosan. Namun bisa jadi ide Goodyear ini bakal memacu perusahaan lain melakukan hal-hal yang sama atau bahkan lebih baik lagi.

Chris Helsel, Goodyear’s chief technology officer, mengatakan sangat menarik membahas kendaraan masa depan. “Banyak perusahaan yang membidik angkasa sebagai sarana transportasi, baik bagi urban dan keperluan lainnya. Keahlian kami dalam mendesain ban berusaha memadukan kebutuhan tersebut. Dalam bayangan kami ban Aero akan menjadi jawaban kendaraan terbang, tetapi tetap memiliki fungsi tradisional sebagai ban di darat.” (anto)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *