Di Jalan Raya Lebih Baik Defensif

otoplasa.com – Sudah berhati-hati di jalan, namun kerap menemui pengguna kendaraan lain yang ugal-ugalan. Tentu ada rasa geram jika menyaksikan ulah pemakai jalan seperti itu.

Lantas apa yang harus kita sikapi jika menemui hal tersebut?
Yudistira Ardhi, Instruktur Safety Riding PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor Honda wilayah Jawa Timur menjelaskan lebih baik kita bersikap rasional dan lebih mencari keamanan dan keselamatan di jalan.

“Jika menemui pengendara atau pengemudi seperti ini, kita lebih baik defensif. Defensif ini artinya kita cari aman dan tidak melakukan secara ofensif terhadap orang lain di jalan,” wantinya saat memberikan pelatihan safety riding untuk jurnalis di Surabaya lalu.

Yudi panggilan akrabnya memaparkan bila kita memenuhi emosi tak ada gunanya. Lebih baik berpikir rasional bahwa bersikap ofensif di jalan raya sangat merugikan. Selain merugikan diri sendiri dan orang lain bilamana terjadi kecelakaan.

“Lebih baik ngalah saja. Karena intinya kita mencari aman di jalan,” tegasnya.

Saat peringatan Hari Pers Nasional (9 Februari), PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor Honda wilayah Jawa Timur mengadakan pelatihan safety riding untuk jurnalis. di MPM Safety Riding Course Sedati, Sidoarjo. MPM mengajak para jurnalis mementingkan keamanan dan keselamatan ketika mengendarai motor.

Tema yang diangkat adalah #Cari_Aman Sebelum Cari Berita. Kegiatan safety riding didiikuti oleh jurnalis maupun fotografer dari media cetak dan online. Diawali dengan pemberian teori dasar-dasar ketrampilan, Selanjutnya masing masing peserta diajak untuk praktek berkendara. Pratek safety riding yang diberikan meliputi braking, narrow plank dan slalom course

“Para wartawan mobilitasnya tinggi dalam mencari berita. Untuk kecepatan dan ketepatan sampai dilokasi liputan banyak yang menggunakan motor. Cari_Aman di jalan penting buat para wartawan untuk bisa lancar sampai di tujuan. Untuk itu kami dari MPM mengadakan training safety riding sebagai bekal rekan-rekan wartawan agar aman dan lancar saat di jalan,” kata Vinensia Kenanga selaku Corporate Secretary Head PT MPM. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *