Tangkal Hoax, MPM Bekali Komunitas Ilmu Jurnalistik & Social Media

otoplasa.com – Maraknya berita hoax mendapatkan perhatian serius dari PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), main dealer sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT untuk komunitas. Demi mengurangi dan menangkal berita kebohongan yang tak jelas sumbernya, MPM menggelar workshop jurnalistik dan social media untuk para admin website maupun social media dari komunitas Honda yang tergabung dalam paguyuban Honda Jatim.

Tahun 2019 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-4 dan even berlangsung di MPM Motor Jalan Basuki Rahmat 71 – 73 Malang, Jawa Timur, Minggu (17/02). Pelatihan yang diikuti oleh 30 peserta ini mengambil tema “Komunitas Honda Santun di Online, Aktif dijalan.”

Pelatihan Jurnalistik dan Social Media ini diawali dengan sharing dari M Zainudin jurnalis tribunnews Malang mengenai materi jurnalistik antara lain pembuatan konten artikel yang menarik, judul yang menarik dan juga tentang etika menulis artikel serta tips-tips menghadapi berita hoaks. Selanjutnya pemaparan mengenai sosial media yang disampaikan oleh Lestariyanti selaku development sosial media-nya mpmhondajatim memberikan materi mengenai cara bersosial media yang baik dan menarik.

Selanjutnya para peserta diberi kesempatan untuk praktik membuat artikel mengenai kegiatan workshop di website paguyuban dan juga posting di media social paguyuban. Artikel terbaik dan postingan terbaik mendapatkan hadiah.

Ketua paguyuban Honda Tulungagung, Yoga mengatakan mengkuti kegiatan ini selama 3 tahun berturut-turut menambah teman tetapi tambahan ilmu yang bermanfaat tentang jurnalistik. “Awalnya menulis artikel yang biasa saja dan asal-asalan, sekarang sudah mengetahui membuat artikel yangmenarik dan dari pelatihan ini yang akan sangat berguna untuk web blog kami phtulungagung.or.id,” tutur Yoga, ketua paguyuban Honda Tulungagung.

“Kegiatan ini sudah kami berikan secara rutin setiap tahunnya kepada teman-teman komunitas dengan tema yang berbeda-beda mengikuti perkembangan era digital. Kegiatan ini penting karena selain berguna untuk komunitasnya juga untuk pribadi,” tutup Fariz Hadi Community Development MPM. (*/anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *