Garis Tengah Kuning? Oh Jalan Nasional Nih

Otoplasa.com – Saat mudik bertemu dengan garis tengah jalan berwarna kuning?
Jangan bingung, itu artinya jalan yang Anda lewati statusnya adalah Jalan Nasional.

Demikian penjelasan yang tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan No 67 Tahun 2018. Berhubung jalan nasional, maka kewenangannya diatur oleh Pemerintah Pusat atau di bawah Negara dan dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

Andai jalannya rusak, berarti PU yang berwenang untuk memperbaikinya. Nah Otoplasa menemui garis tengah kuning ini saat melewati perbatasan antara Sampang dan Pamekasan di Madura. Oh iya, rata-rata jalan yang berstatus nasional aspalnya mulus, sehingga lumayan nyaman saat dilewati.

Selain status jalan nasional, di Tanah Air juga ada jalan propinsi, jalan kabupaten atau kota, serta jalan desa. Sesuai dengan namanya masing-masing, kewenangannya pun dipegang oleh pemilik nama jalan tersebut. (anto/06-06-2019)

 

View this post on Instagram

 

Saat mudik ada yang bertemu dengan garis tengah jalan berwarna kuning? Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No 67 Tahun 2018, jalan yang ada garis tengah berwarna kuning artinya Status Jalan Ini adalah Jalan Nasional ya sob. Jadi kewenangannya diatur oleh Pemerintah Pusat atau di bawah Negara dan dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Andai jalannya rusak, berarti PU yang berwenang untuk memperbaikinya. Nah Otoplasa menemui garis tengah kuning ini saat melewati perbatasan antara Sampang dan Pamekasan di Madura. Oh iya, rata-rata jalan yang berstatus nasional aspalnya mulus. Info lengkap ya klik Otoplasa aja sob! #markajalan #garistengahjalan #jalan #gariskuning #jalannasional #jalanpropinsi #garisputih #kementerianpupr #garislurus #otoplasa #otostreet #ototips

A post shared by Otoplasa.com (@otoplasa) on

2 Comments
    • redaksi 10 June 2019 Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *