Toyota Pinang Suzuki Lahirlah Glanza

Otoplasa.com – Bagaikan pejantan tangguh, mungkin itu yang tercermin dari Toyota. Bila di Indonesia menjalin hubungan dengan Daihatsu hingga terlahir Avanza-Xenia, Rush-Terios hingga Agya-Ayla dan Calya-Sigra, maka demikian pula di India. Lawan mainnya adalah Maruti Suzuki.

Anak pertama hasil kolaborasi mereka adalah Toyota Glanza. Berbasiskan sedan hatchback Suzuki Baleno yang juga dipasarkan di Tanah Air. Hanya saja Toyota telah merubahnya sedemikian rupa dengan menghadirkan 4 varian (G, G CVT, V dan V CVT).

Mesin ada 2 pilihan, yakni K12B dan K12C DualJet. Masing-masing berkapasitas 1.200 cc hanya saja yang satunya ada tambahan sistem mild hybrid. K12B yang juga pernah dipakai di mesin Suzuki Splash di Indonesia, berdaya 83 hp dengan torsi 113 Nm, sementara yang hybrid lebih bertenaga mencapai 90 hp.

Konsumsi bahan bakar Glanza sangat mengesankan. Toyota mengklaim untuk versi V transmisi manual berkisar 21 km/liter, sementara yang CVT 19,56 km/liter. Paling irit adalah tipe G Manual bermesin Smart Hybrid dengan capaian 23,87 km/liter. Oh ya untuk membedakan dengan Baleno yang berlogo Maruti Suzuki tersedia mesin diesel dan Toyota hanya menawarkan mesin bensin.

Seiring dengan kemunculan Toyota Glanza, maka persaingan pasar hatchback di India lumayan sengit. Tak hanya bersua dengan Maruti Suzuki Baleno, juga ada Honda Jazz, Hyundai i20, dan Tata Altroz. Usai Blanza, Toyota juga berencana memasang logo tiga elipsnya pada Brezza, Ertiga dan Ciaz. (anto/07-06-2019)

Toyota Brezza berbasiskan Suzuki Vitara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *