Honda Indonesia & India Racik SUV 2UA

Otoplasa.com – Diam-diam pabrikan otomotif Honda menugaskan Honda Cars India (HCI) dan Honda Prospect Motor (HPM) Indonesia merancang SUV terbaru berbasis 2UA. SUV sepanjang 4 meter ini kabarnya diperuntukkan untuk pasar Negeri Sari. Kendati demikian bila ada campur tangan HPM, bisa jadi akan dipasarkan ke Tanah Air.

Sebangun dengan Honda Amaze

Seperti diketahui basis 2UA telah diterapkan pada Honda Amaze. Artinya bila dibikin SUV, bakal berbentuk kompak dan menurut rencana akan diluncurkan pada 2022 di ajang Delhi Auto Expo.

Sejauh ini HCI telah memastikan siapa saja perusahaan di India yang berperan sebagai suplier dan bentuk sokongan spare-partnya. HCI bertekad kandungan lokalnya melebihi 90 persen. SUV kompak ini diposisikan di bawah Honda WR-V yang juga merupakan persilangan krosover Honda Jazz.

Diposisikan di bawah Honda WR-V

Kehadiran SUV kompak Honda 2UA diharapkan dapat meneruskan kesuksesan WR-V. Sekedar catatan, WR-V yang meluncur pada Maret 2017 lalu, mendapatkan respon pasar yang sangat positif. Dimana mendapatkan porsi hingga 6,5 persen dari seluruh produk Honda pada 2018. Hanya saja memasuki 2019 mengalami penurunan akibat ketatnya persaingan, dengan adanya kompetitor seperti Hyundai Venue dan Mahindra XUV300.

Honda beralasan perlu menambah varian baru demi memberikan banyak pilihan kepada konsumen. SUV 2UA kemungkinan akan menawarkan dua pilihan mesin, yakni bensin 1,2 liter i-VTEC berdaya 89 bhp dan diesel 1,5 liter i-DTEC (99bhp dan torsi 200Nm). (anto/20-07-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *