Honda Pastikan Rantai Lepas RC213V Tak Terulang

otoplasa.com – Honda akhirnya mengakui bahwa ada masalah dengan sistem penggerak pada motor andalannya RC213V di pentas MotoGP. Kendati tak memerinci secara gamblang, Tim MotoGP Honda yakin masalah rantai tak akan kembali mendera performa dua pembalap andalannya, yakni Marc Marquez dan Jorge Lorenzo.

Rantai terlepas di ajang MotoGP tentu sesuatu hal yang fatal dan di luar kewajaran. Para insinyur Honda menenggarai rantai terlepas akibat ban melewati permukaan lintasan yang tak rata, terutama kerb di tikungan. Sementara di saat bersamaan pembalap melakukan perpindahan gigi. Belajar dari setingan motor di dua seri sebelumnya, Honda pun melakukan pengaturan tingkat ketegangan rantai.

Sama-sama pernah merasakan rantai terlepas pada Honda RC213V

Seperti diketahui rantai yang terlepas telah menjadi momok bagi Marquez dan Lorenzo. Marquez merasakannya kali pertama pada latihan keempat di Termas de Rio Hondo, Argentina sebelum kualifikasi. Kendati demikian dia berhasil meraih pole dan tampil dominan hingga menapak podium pertama.

Usai Marquez, masalah rantai kembali singgah pada motor Lorenzo di Austin, Amerika Serikat. Mantan rekan setim Valentino Rossi ini mengalaminya pada awal kualifikasi kedua, hingga memaksanya untuk memarkir motornya. Lorenzo pun berlari menuju garasi timnya dan berganti ke sepeda cadangannya dan mengantarkannya ke kualifikasi urutan 11.

Memasuki seri Jerez yang akan datang, Honda memastikan rantai telah diperbaiki. Dimana mereka sempat memboyong motor yang bermasalah ke Jepang untuk diteliti. Termasuk penyebab mengapa mesin motor Lorenzo ngedrop saat balapan di Austin.

Pembalap boleh kompetitif dan langganan juara, namun jika rantai terlepas, peluang podium bisa melayang. Kabar baiknya rantai yang lepas tak menyebabkan cidera pada pembalap dan peserta lomba yang lain. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *