Honda Pede Pajang Mobil F1

Otoplasa.com – Bercerai dengan McLaren, namun mendapatkan kebahagiaan dengan keluarga RedBull, Honda semakin percaya diri memajang mobil balapnya Formula 1. Tampak dengan anggun jet darat tercepat mobil F1 Toro Rosso Honda STR14 di booth Honda pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Toro Rosso Honda STR14 adalah salah satu mobil balap Honda F1 yang digunakan di musim balap Formula 1 tahun 2019. Mobil ini memiliki desain yang didominasi dengan warna biru, dengan garis merah di sisi kendaraan dan panel sisi merah di sayap depan dan belakang dan ditenagai oleh mesin Honda RA619H.

Toro Rosso Honda STR14 menggunakan mesin berkapasitas 1,6 liter berkonfigurasi enam silinder (V6) dengan maksimum putaran mesin 15.000 rpm. STR14 dimodifikasi pada bagian sayap depan dan belakang menjadi lebih sederhana, lebih luas, dan lebih tinggi yang bertujuan untuk menyalip lebih mudah di atas jalur lintasan. STR14 sendiri telah dilengkapi dengan sistem Halo, yang memberikan perlindungan tambahan untuk kepala pengemudi.

Toro Rosso Honda STR14 menggunakan sasis Scuderia Toro Rosso Composite Monocoque dengan total lebar 2.000 mm, lebar antara gandar depan dan belakang 1.600 mm dan tinggi 950 mm. Sayap depan memiliki lebar 2.000 mm, sayap belakang 1.050 mm dan tinggi 820 mm. Diffuser memiliki tinggi total 175 mm dan lebar 1.050 mm. Mobil ini dilengkapi dengan ban depan selebar 305 mm dan ban belakang selebar 405 mm, yang dipasang pada roda 13 inci. Mulai dari sasis hingga komponen aerodinamis secara keseluruhan dirancang dan diproduksi di Bicester, Inggris.

Memiliki bobot 743 kg, Toro Rosso Honda STR14 memiliki kursi yang dibentuk sesuai dengan bentuk tubuh masing-masing pembalapnya yang dibuat in-house berbahan karbon, sementara knalpot dan unit daya (power unit) dipasok dari Honda. Sementara Gearbox dipasang secara longitudinal di dalam wadah karbon. STR14 memiliki transmisi 8 percepatan (speed) yang dioperasikan secara hidrolik. Suspensi depan memiliki desain pushrod yang memanfaatkan karbon wishbones, sementara suspensi belakang memiliki desain pullrod, fitur lengan komposit karbon, peredam inboard, dan batang torsi. Komponen-komponen tersebut bersama dengan sejumlah komponen elektronik lainnya dirancang dan diproduksi di Faenza, Italia.

Pada musim balap F1 tahun 2019 ini, Toro Rosso Honda diperkuat oleh duet pembalap Daniil Kvyat asal Rusia dan pembalap pendatang baru – Alexander Albon yang berasal dari Thailand.

Pada musim 2019 ini, Honda memasok mesin ke dua tim balap yaitu Toro Rosso Honda dan tim Aston Martin RedBull Racing. Pada seri balap Austrian Grand Prix yang digelar bulan Juni lalu, tim Red Bull Racing yang menggunakan unit mesin Honda RA619H berhasil merebut juara pertama melalui pembalap Max Verstappen. (*/anto/26-07-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *