Instruktur MPM Borong Juara Kompetisi (AH-SRIC) 2019

Otoplasa.com – Para instruktur andalan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) selaku distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT tampil dominan di ajang Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AH-SRIC) 2019 yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) di Medan, Sumatera Utara pada 28-31 Juli 2019. MPM yang mengirimkan 16 peserta (6 Instruktur, 6 Perwakilan Komunitas, 2 perwakilan dealer dan 2 Instruktur Big Bike) berhasil menyapu bersih podium pada kategori instruktur kelas sport dan mendapatkan double podium di empat kelas yaitu instruktur kelas big bike, instruktur kelas skutik, advisor dealer, dan advisor komunitas kelas skutik.

Kegiatan tahunan ini merupakan bagian dari upaya perusahaan menyiapkan instruktur safety riding yang terlatih untuk mendukung terciptanya budaya aman dan nyaman dalam berkendara di tengah masyarakat. Kompetisi AH-SRIC yang telah menginjak penyelenggaraan yang ke-13. Mengusung tema #Cari_Aman Saat Naik Motor, tahun ini diterapkan metode uji baru yakni Low Speed Balance Skill untuk seluruh kategori yang dilombakan. Hal ini ditujukan untuk melatih para instruktur dapat terampil dalam mengontrol kecepatan dan menjaga arah kendaraan saat melaju dengan kecepatan rendah.

Sebanyak 8 kelas dibuka pada kompetisi ini,yakni kelas instruktur kelas big bike, instruktur kelas sport, instruktur kelas skutik, instruktur group, advisor dealer, group, advisor dealer, advisor komunitas kelas sport, advisor  komunitas kelas skutik, serta kategori Safety Riding Center Main Dealer Honda.

Marcomm & Development Division Head MPM, Suhari mengatakan selama empat tahun berturut – turut Instruktur Safety Riding MPM menunjukkan kemampuannya menjadi yang terbaik pada AH-SRIC tingkat nasional. Ini membuktikan bahwa Instruktur Safety Riding MPM mampu dan teruji untuk membagikan ilmunya kepada masyarakat pengguna kendaraan bermotor.

“Pada tahun ini salah satu perwakilan Instruktur dari MPM adalah pelajar kelas XII dan juga peserta termuda, hal ini menunjukkan bahwa generasi millenial juga peduli akan keselamatan berkendara,” kata Suhari.

Sebelum maju ke tingkat nasional, para peserta kompetisi AH-SRIC 2019 telah mengikuti kompetisi di tingkat regional pada April – Mei 2019. Kompetisi ini diikuti oleh 159 instruktur safety riding, 2351 advisor safety riding dealer Honda, dan 1000 advisor safety riding riding komunitas Honda dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Dari hasil seleksi di tingkat regional, terpilih 166 peserta  yang siap berlaga di kompetisi tingkat nasional yaitu 18 instruktur kelas big bike, 54 instruktur kelas sport, 11 instruktur wanita kelas skutik, 20 tim instruktur Grup Main Dealer dan 6 tim instruktur Safety Riding Center. Dealer-dealer Honda pun turut aktif dalam kampanye kampanye safety riding dengan menurunkan 28 advisor dealer. Selain itu, 38 advisor komunitas kelas sport dan 24 komunitas kelas skutik juga turut serta di ajang bergengsi tahunan ini.

Selain Low Speed balance Skill, para peserta juga di uji keterampilannya dalam berkendara melalui sesi praktik yang mencakup teknik pengereman, pengendalian kestabilan, pengoperasian sepeda motor dan posisi berkendara melalui uji Braking, slalom course dan Low Speed Balance Skill. Tidak hanya sesi praktik seluruh peserta juga mengikuti uji teori meliputi pengetahuan keselamatan berkendara serta kemampuan melakukan edukasi kepada masyarakat dengan beragam alat peraga.

#Cari_Aman
Sejalan dengan tren, AHM mengemas ajang berbagi keselamatan berkendara dengan kampanye gaya khas anak muda malalui tagline #Cari_Aman dengan menyuguhkan perspektif baru bagi generasi muda agar dapat meningkatkan minat dan komitmen mereka dalam keselamatan berkendara.

Sepanjang tahun lalu, program edukasi safety riding telah berhasil menularkan ilmu keselamatan berkendara ke lebih dari 1,8 juta. Di wilayah MPM sendiri lebih dari 5000 masyarakat menperoleh pengetahun tentang keselamatan berkendara yang meliputi pelajar dan masyarakat umum.

MPM juga memberikan fasilitas kepada masyarakat yang ingin latihan berkendara di MPM Safety Riding Course yang ada di MPM Sedati , Sidoarjo. Pelatihan juga bisa menggunakan alat peraga keselamatan berkendara Honda Riding Trainer (HRT) yang tersedia di dealer – dealer Honda. (*/anto/02-08-2019)

Berikut nama para juara perwakilan MPM:
Instructor Big Bike
2nd winner- Dimas Satria Kelana Putra ( MPM Surabaya)
3rd winner – Fendrik Alam Pribadi ( MPM Surabaya)

Instructor Matic
1st winner – Siti Ummi Khoiriyah ( MPM Surabaya)
2nd winner -Natalia Wahyu Christanti ( MPM Surabaya)

Advisor Komunitas Sport
1st winner – Macfud Efendi (MPM Surabaya – SBC Surabaya)
2nd winner – Alan Bagus Firmansyah (MPM Malang – BBB Blitar )
3rd winner – Aditya Yoga Pratama (MPM Surabaya – HSCS Surabaya)

Advisor Komunitas Matic
1st winner – Viodea Firlii (MPM Malang – HBCP Probolinggo)
2nd qinner – Afril Zuzu Puspita (MPM Surabaya – BIKER Kediri)

Advisor dealer
1st winner – Verri Ariwahyudi (MPM Malang)
2nd winner – Rendra ( MPM Surabaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *