Jangan Ajak All New Suzuki Carry Pick Up Balapan!

otoplasa.com – Ada pengalaman menarik ketika Otoplasa bersua dengan All New Suzuki Carry Pick Up di jalan Tol Juanda. Maksud hati ingin mendekat dan melihatnya secara langsung, namun Carry terbaru bermesin Suzuki Ertiga 1.500 cc tersebut melenggang jauh.

Oke jika itu maumu, Otoplasa ladeni. Tak ayal kami pun seakan adu performa. Kebetulan mobil yang kami tumpangi adalah DFSK Glory 580 bermesin turbo dan versi manual. Alhasil kami pun berhasil melayani kemauan sopir All New Carry.

Sejak dari tol Malang – Surabaya, keberadaan Carry memang memantik perhatian. Pertama karena dia bermesin Ertiga, kedua gara-gara kemunculannya, sinergi antara Suzuki dan Mitsubishi di Indonesia harus berakhir. Bukan rahasia lagi selama ini Suzuki-lah yang memasok pick up untuk Mitsubishi menjadi Colt T120SS. Akibat kehadiran model terbaru, Suzuki pun menutup produksi versi Carry sebelumnya yang juga basis T120.

Oke kembali ke performa saat di tol, pick up New Carry yang tak ada muatan, seakan berlari tanpa beban. Akselerasi dan pengendaliannya lumayan lincah. Kami pun berhasil melewatinya dan bisa mengambil beberapa foto dan video. Menganggap misi telah tuntas, kami biarkan Carry lewat dan keluar menuju pintu Tol Rungkut Industri.

Harus diakui Carry sekarang lebih gesit dan bertenaga. Yang membedakannya dengan Ertiga adalah pemakaian sistem transmisi perbandingan gigi ratio-nya. Khusus di Carry, ratio gigi dari 1 hingga ke 5 rata-rata lebih besar. Tercermin dari perbandingan gigi akhir atau final gear ratio. Dimana pada Ertiga adalah 4,353 sedangkan di Carry 4,875. Perbedaan ini wajar karena versi pick up disetting demi mengejar angkutan beban atau muatan yang lebih besar.

Oh ya meski basis mesin sama, namun Suzuki memberikan kode K15B untuk Ertiga, sementara pada Carry bersandi K15C. Untuk kapasitasnya masing-masing sama, yaitu 1.462 cc.

Jadi jika bertemu All New Suzuki Carry tanpa muatan, jangan diajak adu kencang. Kecuali jika mobil itu membawa banyak barang muatan, silahkan untuk didahului. (anto)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Otoplasa.com (@otoplasa) on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *