Jeep Compass Potong Jarak Amerika

otoplasa.com – Apa jadinya jika mendatangkan kendaraan secara CBU (completely built up) atau utuh dari Amerika Serikat?
Yang pasti harganya bakal melambung tinggi terkena pajak hingga beberapa kali lipat, mengingat Indonesia dan Amerika Serikat tak ada perjanjian penerapan pajak yang sama-sama meringankan pelaku bisnis otomotif.

Solusinya?
Ya harus mencari negara lain sebagai batu loncatan untuk mendapatkan harga yang kompetitif. Beruntunglah Jeep menggunakan fasilitas produksi mutakhir dan modern FCA International dengan membangun pabrik perakitan di India, dimana negara ini memiliki perjanjian dagang AFTA dengan Indonesia. Alhasil HASCAR Group, Agen Pemegang Merek (APM) Jeep di Indonesia berani mendatangkan Jeep Compass dengan harga off the road Rp 539 juta di Surabaya.

Demikian penjelasan Ari Utama, Chief Executive Officer (CEO), HASCAR Group di hadapan media, Sabtu (13/04) di dealer resminya yang terletak di Jalan HR Muhammad Nomor 338, Surabaya. “Kita mendatangkan Jeep Compass CBU dari India sehingga harganya bisa kompetitif berkat AFTA. Kendati dibikin di India, namun lisensinya mendapatkan pengawasan ketat dari Jeep, sehingga kualitasnya sama dengan yang di Amerika,” wantinya.

Jeep Compass yang hadir kali ini merupakan generasi kedua. Merupakan SUV kompak yang dihadirkan Jeep untuk para konsumen yang memiliki semangat Go Anywhere Do Anything. Model yang hadir adalah varian Longitude dengan berbagai macam fitur dan teknologi canggih.

“All-New 2018 Jeep Compass mencerminkan desain Jeep yang fresh, tangguh, premium dan otentik, yang akan menarik konsumen di seluruh dunia,” jelas Ari Utama.

“Dirancang dan direkayasa di Amerika Serikat, All-New 2018 Jeep Compass adalah kendaraan global yang diproduksi di empat benua dan dijual di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.”

All New Jeep Compass yang hadir di Indonesia berbagi platform dengan Jeep Renegade. Dengan desain yang stylish dan berkarakter khas SUV Jeep, All New Jeep Compass akan bersaing dalam pasar medium SUV yang sedang memanas di Indonesia. Sederet fitur dan teknologi canggih yang bisa di dapatkan konsumen saat mengendarai All New Jeep Compass menjadi jurus untuk merebut perhatian para konsumen di Indonesia.

Tenaga Berlimpah dan Efisien Bahan Bakar
Disinilah keistimewaan Jeep Compass yang cukup mengandalkan mesin berkapasitas 1.400 cc dengan tambahan MultiAir Turbo. Mesin empat silinder segarisnya mampu menghasilkan tenaga 162 dk pada 5500 rpm dan torsi 250 Nm pada 2500 rpm. Untuk mentransfer tenaga mesin ke roda depan, All New Jeep Compass menggunakan transmisi otomatis 7 percepatan. Transmisi berkode C725 ini memiliki teknologi DDCT (Dry Dual Clutch Transmision). Dengan DDCT karakter perpindahan gigi akan terasa lebih halus, juga membantu dalam efisiensi bahan bakar karena proses transmisi tenaga yang spontan.

Konsumsi bbm-nya pun lumayan irit. Jeep mengklaim dalam kota cukup 10,6 km/liter, sedangkan untuk luar kotanya bisa 15,4 km/liter. Dengan fitur Automatic Engine Start/Stop turut membantu tingkat efisiensi mesin menjadi lebih irit dalam konsumsi bahan bakar.

50 Fitur Keamanan Dan Kenyamanan
All New Jeep Compass ditunjang dengan 50 jenis fitur yang sangat bermanfaat. Berbagai macam fitur ini menuntun Compass semakin dekat dengan semangat Go Anywhere Do Anything. Dengan berderet fitur yang ada Anda pun dapat dengan tenang mengajak Compass kemana saja.

Dalam keamanan berkendara, fitur seperti ABS+EBD, Electronic Parking Brake (EPB), Front & Curtain Airbag, dan Hill Start Assist merupakan hal standar di Compass. Untuk memudahkan pengendalian diberbagai kondisi jalan, didukung dengan Electronic Stability Control, Electronic Roll Mitigation, All Speed Traction Control, dan Rain Brake Support. Ada juga fitur lainnya yang membantu kenyamanan saat berkendara. Seperti Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Electronic Vehicle Information Center (EVIC), Automatic Headlamps, Rear Sensitive Wiper, Park View Rear Camera, Cruise Control, Speed Limit, Key Less Enter-N-Go dan masih banyak lainnya.

Hiburan Berteknologi UConnect
Berkendara dengan All New Jeep Compass dilengkapi dengan sistem hiburan terbaru dari Jeep. All New Jeep Compass merupakan SUV pertama dari Jeep yang menggunakan sistem hiburan UConnect generasi keempat. Sistem UConnect ini terimplemantiskan lewat headunit dengan layar sentuh 7 inci full-color LED. Dengan sistem hiburan lengkap mulai dari Radio, Bluetooth, USB, dan AUX. Head unit ini juga support fitur Apple CarPlay dan Android Auto. Jadi semua fitur canggih dalam smartphone anda bisa langsung dimanfaatkan lewat head unit Compass. Semua pengaturan bisa dilakukan pada remote setir dan juga perintah suara.

Head unit ini juga bisa menyimpan hingga 1000 kontak dari smartphone dan akan otomatis di download begitu terhubung. Uniknya ada sebuah fitur tampilan Compass sebagai penunjuk arah sebagai DNA SUV. Untuk suara yang berkualitas dihasilkan dari 7 buah speaker.

Desain Legendaris Jeep
Secara penampilan desain khas Jeep jelas tertuang kental ke All New Jeep Compass. Ciri khas Seven-Slot Grille memang tertuang diatas grille warna Black Gloss berpadu dengan aksen chrome. Tampilan grill sangat kental dengan bentuk Grand Cherokee terkini.

Bagian lampunya juga mengambil benang merah Grand Cherokee terbaru.Namun dengan dimensi lebih kecil. Bentuk lekukan lampu bikin wajah Compass terlihat maskulin dan berkarakter sebagai mana sosok Jeep.Untuk DRL dan lampu sein posisinya berada di bumper, jadi satu bagian dengan fog lamps. Lampu belakang kombinasi antara LED dengan garis tipis dan reflektor cluster bulat sebagai lampu rem.

Tampilannya semakin menarik berkat garis-garis bodi yang menggembung dan tegas, membuat All New Jeep Compass jadi terlihat muscular dan gagah. Kap mesinnya juga memperkuat kesan gagah All New Jeep Compass, dengan double brake line dan bulge di bagian tengah. Bagian atapnya memiliki roof line dengan roof rail berkelir hitam. Pada pinggiran pilar kaca di kelilingi dengan list chrome agar karakter All New Jeep Compass semakin kental.

Beralih ke bodi bagian bawah, dikelilingi cover plastic hitam mulai dari bumper hingga fender yang memiliki bentuk meng-kotak yang juga cirri khas Jeep. Membuatnya terlihat lebih jangkung, seolah ground clearance lebih dari 198 mm. Pada bagian kaki, Compass menggunakan pelek alloy five spoke 17 inci berbalut ban ukuran 225/60-R17. (*/anto)

Spesifikasi
Mesin : 1.4 MultiAir Turbo
Kapasitas : 1.368 cc
Layout Mesin : Mesin depan, FWD
Tenaga & Torsi : 162 hp @ 5.500 rpm | 250 Nm @ 2.500 rpm
Transmisi : Otomatis 7 percepatan DDCT
Dimensi (P x L x T) : 4.394 x 1.819 x 1.635 mm
Wheelbase : 2.636 mm
Suspensi Depan : MacPherson Strut
Suspensi Belakang : Chapman Strut
Rem Depan/Belakang : Cakram Berventilasi/Cakram, ABS, EBD
Ban Depan/Belakang : 225/60 R17
Kapasitas Tangki : 60 Liter
Berat kosong : 1.440 kg

Data Dimensi
Approach Angle : 15.8⁰
Breakover Angle : 21.8⁰
Departure Angle : 30.8⁰
Water Fording : 480 mm

Data Test Akselerasi
0-60 km/jam : 4.8 detik
0-100 km/jam : 9.5 detik
40-80 km/jam : 4.1 detik
0-201 meter : 11 detik
0-402 meter : 16.8 detik

Konsumsi Bahan Bakar: Dalam Kota (Stop n Go) 10.6 km/liter, Jalan Bebas Hambatan 15.4 km/liter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *