Ketika Aksi Xpander Terhempas Discovery

otoplasa.com – Masih terngiang kehebohan Mitsubishi Xpander yang menarik komedi putar berbobot 24 ton. Aksi bertajuk XPANDER Tons of Real Happiness (ToRH) yang singgah di beberapa kota besar Indonesia itu memang sempat menarik banyak perhatian. Baik keluarga pengguna Xpander sendiri maupun masyarakat luas.

Xpander yang mengusung tenaga penggerak pada roda depan, ternyata cukup kuat menarik karavan hiburan. Rifat Sungkar yang didaulat sebagai driver, mengaku tak kesulitan saat menginjak pedal gas. Menurutnya ketika putaran mesin mencapai 2.000 rpm, Xpander telah mampu menarik dan menggerakkan komedi putar.

Discovery buktikan sanggup menarik gerbong KA 108 ton

Nah ada aksi lagi yang lebih seru, yaitu Land Rover Discovery. SUV asal Inggris tersebut menarik tiga gerbong kereta api yang seberat 108 ton. Berat ini setara Discovery menarik dirinya sendiri sebanyak 60 unit!

Untuk bisa menarik gerbong kereta api di atas lintasan rel, Land Rover merekrut insinyur James Platt yang memang spesialis memodifikasi mobil dapat melaju di atas rel. Alhasil tanpa kesulitan Discovery bisa berjalan di atas rel dan seluruh ‘roda besinya’ bisa menapak sempurna.

Upaya Discovery menarik kereta api, sesungguhnya adalah momen nostalgia. Pasalnya 27 tahun lalu, Discovery juga pernah melakukan hal yang sama dan kali pertama.

Aksi 27 tahun lalu Discovery menarik KA

Untuk versi tercanggih kali ini mengusung mesin diesel Ingenium 2.000 cc yang sanggup menghasilkan torsi maksimal 430 Nm. Bandingkan dengan mesin bensin Xpander 1.500 cc yang torsinya 141 Nm. Wouw jauh banget lebih dari tiga kali lipatnya!

Jadi bagi pemilik Xpander tak usah cemburu. Toh wajar saja Discovery berani menerima tantangan menarik kereta api, yang memang berbobot lebih besar. Selain itu bicara harga kedua mobil tersebut juga berbeda jauh. (anto/credit photos Land Rover)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *