KTB-SUN Bikin Driver Makin Pintar

Otoplasa.com – Ingin menjadikan usaha niaga Anda makin terdepan dengan dukungan sumber daya yang mumpuni, jangan ragu untuk menyertakan pengemudi atau driver perusahaan pada kegiatan yang diadakan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia. Bersama PT Sun Star Motor, diler resmi Mitsubishi kendaraan niaga menggelar ‘In House Fleet Training Driver’ pada Sabtu (03/08) di Juanda – Sidoarjo, Jawa Timur.

Service Manager Sun Star Motor Juanda, Farid Fitriansyah

Tercatat ada 20 driver rekanan yang mendapatkan pemahaman dan pelatihan seputar kendaraan niaga Mitsubishi. Service Manager Sun Star Motor Juanda, Farid Fitriansyah menjelaskan acara pelatihan pengemudi ini merupakan agenda rutin tiap tahun. Dimana total Sun Star Motor Juanda bersama KTB telah membekali 160 driver.

“Pada acara ini kami memberikan pelatihan kepada pengemudi berupa, pertama pemeriksaan harian kendaraan, kedua adalah safety driving dan ketiga tentang eco driving. Para driver yang terpilih ini adalah dari pelanggan perusahaan fleet kami, serta ada yang retail,” kata Farid.

Para driver tampak antusias mengikuti latihan

Dia menjelaskan rata-rata yang ditemui di lapangan, driver dan kernet hanya sebatas sebagai pengantar pesanan perusahaan dimana dia bekerja. “Sebagian besar ketika bertugas langsung start kendaraan dan segera jalan. Tanpa pernah ada rutinitas pengecekan kondisi kendaraan apa aman dan layak saat di perjalanan nanti. Kita ingin merubah kebiasaan driver menjadi lebih peduli pada kendaraannya,” jelas Farid.

Hal senada disampaikan Edy Sutaryono, Service Advisor Sun Star Motor Juanda. Dia menegaskan pengecekan harian kendaraan harus menjadi tugas dan kebiasaan para driver sebelum bekerja. “Mindset driver jangan menjagakan bengkel jika terjadi apa-apa. Disini kami mengajak driver maupun kernet lebih mandiri dan menghindari kendaraan ada masalah saat terjadi di jalan. Misalnya terbiasa melakukan pengecekan awal seperti kondisi air radiator, oli mesin, memeriksa bila ada kebocoran, lampu-lampu hingga tekanan ban. Bila ini rutin dilakukan driver, maka masalah pada kendaraan bisa dihindari sedini mungkin dan perusahaan pun bakal lebih efisien dan untung karena kendaraan fleet-nya jauh dari masalah,” wantinya.

Edy Sutaryono, Service Advisor Sun Star Motor Juanda

Sementara itu Abdul Sai, driver senior dari PT Aneka Indomakmur yang memproduksi AIM Biscuits mengakui sangat terbantu dengan pelatihan yang diberikan KTB dan SUN Star Motor. Dia menjadi lebih paham bagaimana membawa kendaraan lebih aman dan nyaman hingga sampai di tujuan dengan selamat. “Kami jadi lebih mengerti bagaimana cara merawat dan membawa kendaraan. Selain itu kiat konsumsi solar lebih irit saat mengemudi. Sungguh banyak manfaat dari pelatihan ini,” terangnya.

Tak lupa Sai berpesan supaya para pengusaha atau pelanggan Mitsubishi bisa memanfaatkan kegiatan ini. Baginya driver yang pintar merupakan ujung tombak perusaan untuk lebih maju dan berkembang. (anto/03-08-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *