Kuda Hitam Glory 560 Di Pasar Gemuk

First Drive DFSK Glory 560
otoplasa.com – Tercapai sudah menjajal DFSK Glory 560 di jalanan Surabaya. Inilah mobil termurah bermesin 1.500 cc turbo di Indonesia!
Apa itu SUV maupun MPV dari berbagai merek, untuk urusan harga Glory 560 adalah pemenang karena sudah bisa dimiliki di Surabaya dengan harga OTR dari Rp 199 juta – 249 juta.

Sudah bisa dibawa pulang seharga Rp 199 juta

Lalu bagaimana performanya?
Ketika Otoplasa mulai memesrainya di diler DFSK yang berlokasi di Jalan AR Hakim, cukup kaget dengan sosoknya. DFSK kerap mendengungkannya sebagai SUV Compact. Kenyataannya dimensinya tak terlalu berbeda jauh dengan kakaknya, Glory 580. Artinya SUV ini dapat memenuhi kesukaan masyarakat Indonesia yang gemar kendaraan berdimensi besar.

Sementara waktu lupakan sebutan SUV Compact, mungkin DFSK ingin membikin perbedaan dengan Glory 580. Namun yang patut diingat, kata ‘compact’ kembali terngiang ketika dua orang rekan media duduk di baris jok ketiga. Agar posisi duduk lebih nyaman dan dua penumpang di jok belakang tak terlalu sempit, kami pun melakukan setingan kompromistis dengan tiga teman media di jok tengah. Alhasil total ada tujuh penumpang di SUV yang Otoplasa kemudikan.

Semua siap..?
Kami pun berangkat menyusuri Jalan AR Hakim dan berbelok ke pemukiman mewah di sekitar situ. Sungguh tak menyangka, idealnya suara mesin bakal mendengung lebih keras karena SUV ini ada tujuh orang penumpang dewasa. Namun cukup injakan sedikit pada pedal gas, mobil telah melaju dan suara kabinnya lumayan kedap.

Glory 560 berpeluang besar jadi primadona geser sang kakak, 580

Posisi mengemudi lumayan ergonomis. Beragam tombol baik yang terletak di dasbor, hingga konsol tengah dan beberapa di lingkar kemudi, semuanya mudah terjangkau. Intinya Anda mudah mengendalikan Glory 560, terlebih pandangan ke depan lumayan luas.

Masuk area perumahan, jangan heran ada gundukan polisi tidur. Inilah momen tepat melewatinya tanpa harus menginjak pedal rem. Saat melintasinya, wouw redaman suspensinya terlalu nikmat bagi yang duduk di jok depan dan kedua. Sayangnya bagi yang duduk di jok paling belakang, ada yang mengaku kepalanya sempat menyentuh atap kabin. Namun itu normal akibat hempasan polisi tidur karena Otoplasa tak mengurangi kecepatan mobil.

Usai keluar dari kompleks perumahan, saatnya memasuki jalanan Kertajaya. Inilah ruas jalan terkenal yang banyak gelombangnya di Surabaya, dimana seolah menaiki perahu ketika kendaraan dipacu pada kecepatan tinggi. Uniknya saat tujuh orang penumpang menaikinya, Glory 560 cukup istimewa karena seakan melewati jalanan yang datar. Beragam hempasan kontur aspal yang tak rata mampu diredamnya.

Mesin turbo 1.500 cc

Berbelok ke Jalan Soekarno Hatta atau kawasan MERR adalah momen yang menarik. Dimana saat itu lalu-lintas tampak sepi karena kendaraan dari arah lain terhenti lampu merah. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan emas Otoplasa segera melakukan kick down (injakan pedal gas secara spontan).

Harus diakui tenaga mesin mulai tergali di rpm rendah antara 1.800-an. Namun jangan harap bakal ada sentakan performa yang agresif. Akselerasi mobil naik secara linear sesuai putaran mesin. Ini karena Glory 560 menerapkan transmisi CVT sehingga terasa smooth. Selain itu mobil berpenumpang tujuh orang, sehingga wajar akselerasinya ada rasa tertahan.

Transmisi triptoniknya jadi solusi yang ingin akselerasi lebih gahar

Lalu bagaimana menyiasatinya?
Pindahkan tuas persneling dari D ke posisi perpindahan gigi + dan -. Disini sistem transmisi triptroniknya bisa menjadi solusi untuk memainkan putaran mesin yang diinginkan. Meski mobil terisi penuh penumpang, aksi salip menyalip di jalanan padat Surabaya bisa tergali sempurna. Kata lainnya mesin turbo 1.500 cc-nya sangat bertenaga dan jaga putaran mesin di atas 2.000-an rpm.

Saatnya kembali ke diler AR Hakim. Hampir semua teman media sepakat, bawah Glory 560 layak jadi pilihan di segmen gemuk Rp 200 jutaan. Berlimpah fitur dengan performa mesin turbo ditambah kenyamanan suspensinya, Glory 560 berpeluang menjadi kuda hitam bagi konsumen yang hendak membeli Low SUV maupun Low MPV.

Otoplasa dapat bayangkan sekalipun ada konsumen yang sangat fanatik dengan merek Jepang di rentang harga Rp 200 jutaan, namun jika sudah merasakan Glory 560, bisa-bisa dia akan berubah pikiran. (anto)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Otoplasa.com (@otoplasa) on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *