Lebaran Pertamina Prediksi Konsumsi BBM Jatim Naik 12%

otoplasa.com – Lebaran memang kurang sebulan lagi. Namun pengalaman bertahun-tahun menjadikan PT Pertamina sigap dalam memprediksi kebutuhan dan kenaikkan bbm saat mudik nanti. Demikian penjelasan Rustam Aji, Unit Manager Communication & CSR MOR V.

Saat ini konsumsi normal harian BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) di Jatim pada kondisi normal sebesar 12.900 kilo liter (KL). Sedangkan untuk Gasoil (Biosolar, Dexlite serta Pertamina Dex) berada pada kisaran volume 5.900 KL/hari.

Pertamina memprediksi terjadi kenaikan konsumsi di Jatim sebesar 12% untuk produk Gasoline, sementara produk Gasoil mengalami penurunan konsumsi sekitar 8%. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada Rabu, 29 Mei 2019 dan Jumat, 31 Mei 2019, sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Sabtu-Minggu 8-9 Juni 2019 dan puncak berikutnya di 15-16 Juni 2019.

Untuk memberi kenyamanan para pengendara yang melalui jalur tol, Pertamina akan menyiapkan 8 (delapan) SPBU di jalur tol sepanjang Surabaya – Ngawi. Sementara di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, juga akan disiapkan 8 (delapan) SPBU. SPBU tersebut ada yang berupa SPBU reguler maupun SPBU modular.

“Bentuk SPBU, apakah reguler, modular atau Kiosk menyesuaikan ketersediaan lahan di rest area. Kalau areanya besar, dibuat SPBU reguler,” wanti Rustam. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *