Mercedes Dominan, F1 Masuki Masa Kelabu

otoplasa.com – Apa artinya jika balapan bergengsi sejagat ala Formula 1 pemenangnya itu-itu saja?
Ya siap-siap saja di seri-seri berikutnya bakal menjadi balapan yang membosankan dan tak tertutup peluang bikin penggemarnya tak antusias lagi.

Itulah yang kira-kira terjadi di F1. Bayangkan hingga empat seri berlangsung dan yang terakhir di GP Baku Azerbaijan, semua pemenangnya di dominasi para pembalap Tim Mercedes Petronas. Baik Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas saling bergantian menempati posisi podium pertama dan kedua.

Ferrari yang digadang-gadang bakal mampu memberikan perlawanan kepada duo Mercedes sejak awal musim, hingga kini masih terseok-seok. Baik Sebastian Vettel dan Charles Leclerc justru disibukkan tentang team order yang sempat mewarnai kedua pembalap Ferrari itu saat bersaing di lintasan. Ferrari mewanti-wanti supaya Leclerc supaya memprioritaskan Vettel. Ironisnya performa Ferrari di tahun ini juga cukup kesulitan saat berlaga dengan Max Verstappen yang menaiki Red Bull bermesin Honda.

Bila Bottas dan Vettel telah mengoleksi 87 dan 86 poin, Vettel baru meraup 52 atau tertinggal 25 angka dari pimpinan klasemen. Sementara secara konstruktor Mercedes memimpin dengan 173 poin dan Ferrari 99. Terlalu jauhnya perolehan poin ini, tampaknya Tim Kuda Jingkrak masuk akal jika harus lempar handuk sejak sekarang.

Bahkan Hamilton menegaskan musim kali ini kurang tantangan. Terlalu mudahnya bagi Mercedes meraih kemenangan seakan tak tahu Ferrari ada di mana. “Hingga mereka bisa memulai atau menyamai performa kami di level yang sama, maka inilah yang seharusnya terjadi di balapan tahun ini,” wanti pembalap Inggris 34 tahun.

Mendapat kritikan dari seterunya, Vettel tak menampik. Menurutnya sangat masuk akal Ferrari tampak kedodoran. “Dia benar, kami memang perlu bergegas meningkatkan performa kami,” tutur pembalap Jerman yang kali terakhir menggapai podium pertama bersama Ferrari pada GP Belgia, Agustus tahun lalu.

Sedangkan Leclerc menegaskan saat ini yang dibutuhkan Ferrari adalah kecepatan. “Kami butuh langkah yang tepat dan sederhananya kita butuh kecepatan lebih. Tak ubahnya kubus Rubik, di sini kamu harus memiliki segalanya dalam urutan yang benar. Memang kami memiliki mobil yang bagus, tetapi kami tidak menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang seharusnya kami dapatkan.”

So, sangat wajar F1 makin membosankan dan ketinggalan dari MotoGP! (anto)

Pos Driver Points
1 Valtteri Bottas 87
2 Lewis Hamilton 86
3 Sebastian Vettel 52
4 Max Verstappen 51
5 Charles Leclerc 47
6 Sergio Perez 13
7 Pierre Gasly 13
8 Kimi Raikkonen 13
9 Lando Norris 12
10 Kevin Magnussen 8
11 Nico Hulkenberg 6
12 Carlos Sainz Jr. 6
13 Daniel Ricciardo 6
14 Lance Stroll 4
15 Alexander Albon 3
16 Daniil Kvyat 1
17 Antonio Giovinazzi 0
18 Romain Grosjean 0
19 George Russell 0
20 Robert Kubica 0
Constructors standings
Pos Constructor Points
1 Mercedes 173
2 Ferrari 99
3 Red Bull/Honda 64
4 McLaren/Renault 18
5 Racing Point/Mercedes 17
6 Alfa Romeo/Ferrari 13
7 Renault 12
8 Haas/Ferrari 8
9 Toro Rosso/Honda 4
10 Williams/Mercedes 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *