Napak Tilas Honda CBR150R

Otoplasa.com – Tak terasa kehadiran motor sport Honda CBR150R telah memasuki generasi kelima. Motor yang kali pertama muncul pada 2002 di Thailand tersebut kini telah memasuki usia 17 tahun.

Di tengah serbuan motor matik, Honda CBR150R masih bertahan karena memiliki potensi konsumen milenial yang ingin tampil sporty. Handling yang mudah ditambah desain ala motor sport balap, dengan dukungan mesin bertenaga namun irit bahan bakar, menjadikan CBR150R masih banyak menarik peminat. Jadi sangat wajar Honda melakukan beragam inovasi hingga memasuki generasi kelima pada 2018 lalu.

Nah seperti apa perjalanan Honda CBR150R dapat dipantau di bawah ini:
1. First-Generation 2002
Honda CBR150R hadir 17 tahun silam sebagai generasi penerus NSR 150R. Diproduksi di Thailand, motor berbobot 115 kg ini mengusung mesin 4 tak 150cc DOHC bersistem bahan bakar karburator dan sudah mengaplikasikan ban tubeless.

Sayangnya produk pertama ini tak menjadi line up PT Astra Honda Motor (AHM), sehingga bagi yang tertarik harus membelinya via Importir Umum (IU). Konsekuensinya harganya boleh dibilang sangat premium saat itu. Bayangkan konsumen harus rela merogoh hingga Rp 30 jutaan lebih untuk mendapatkan Honda CBR150R asal Thailand.

Seiring waktu model ini semakin populer di kalangan anak muda. Boleh dikata generasi pertama ini bertahan hingga 2011 atau 10 tahun. PT AHM pun melihat dan menganalisa bahwa motor ini layak untuk diproduksi dalam negeri.

2. Second Generation 2011
Memasuki generasi kedua Honda CBR150R masih mengandalkan produksi Thailand. Penampilannya pun tampil signifikan lebih sporty. Terungkap motor ini terinspirasi dari Honda CBR 1000RR dan Honda VFR1200F.

Lampu utama menganut single lamp, dimana tak lagi sama seperti generasi pertama yang berdesain dual lamp. Perubahan mencolok terlihat pada knalpot yang berukuran lebih besar.

3. Third Generation 2014
Generasi ketiga merupakan tonggak sejarah karena PT AHM mulai memproduksi Honda CBR150R di Tanah Air. Mesinnya memiliki tenaga 12,6 kilowatt (KW) pada 10.500 rpm dan 13 Nm pada 7.500 rpm. Kecepatan maksimalnya 131 km/jam (Honda mengklaim lebih cepat 1 km/jam dibanding versi sebelumnya).

Desainnya kali ini terinspirasi CBR1000RR. Tak ubahnya generasi pertama, motor racikan AHM generasi ketiga kembali memakai double headlamp (dual keen eyes). Oh ya di generasi ini terjadi peralihan pada tipe rangka, yakni menganut model Trellis dengan konsep diamond truss dengan beberapa modifikasi pada bagian bracket dan sub-frame.

Suspensi belakang juga mengadopsi suspensi tunggal dengan dilengkapi fitur Pro-Link Suspension, yang diklaim mampu mendukung kinerja motor terutama pada saat terkena goncangan, sekaligus meningkatkan kenyamanan berkendara saat bermanuver.

4. Fourth Generation 2016
Memasuki generasi keempat, Honda CBR150R menerapkan tiga dasar pengembangan yaitu sasis, power dan desain. Untuk sasis terjadi pengurangan bobot hingga 5 kg dan pengaturan titik berat agar motor lebih stabil dan ringan.

Untuk mesin kali ini berdaya 17,1 PS di 9000 rpm dan torsi maksimal 13,7 Nm pada 7000 rpm. Demi mengejar mesin yang bertenaga, kompresinya meningkat hingga 11,3 berbanding 1. Saat dites konsumsi bahan bakar dengan pengujian Euro 3 mencapai 38,7 km/liter.

Untuk desain kali ini tampilan fairing lebih tajam, lebih rendah dan ramping untuk memberikan rider pandangan yang lebih jelas pada kondisi jalan. Lampu telah menganut LED dan speedometer digital. Head Lamp lebih sipit menjadikan tampilan depan motor semakin agresif. Posisi tempat duduk belakang yang dibuat lebih tinggi, dengan seat pengendara dan penumpang yang terpisah serta dihilangkannya rear grip membuat tampilan keseluruhan motor ini semakin sporty dan memberikan kesan seperti motor-motor balap.

5. Fifth Generation 2018
Untuk generasi terbaru Honda memberikan konsep ‘Total Control’ yang memberikan keleluasaan kepada pengendara pada segala kondisi jalan. Desainnya lebih agresif mencerminkan motor sport yang nyaman untuk dipakai harian.

Honda CBR150R memiliki panel meter full digital yang bisa menampilkan beragam informasi seputar berkendara, seperti kecepatan, sisa bahan bakar, trip meter, jam digital. Lalu ada pula Aeroplane Fuel Cap yang menunjang karakter balap dan membuat desain Honda CBR150R semakin agresif.(anto/05-07-2019)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *