Nestapa Valentino Rossi Kembali Terulang

Otoplasa.com – Entah harus meminta apalagi kepada Yamaha, Valentino Rossi seakan menghadapi masalah yang sama setiap akhir balapan. Dia merana dengan kondisi ban belakang yang tergerus, khususnya menjelang lap-lap akhir. Dimana The Doctor sulit bersaing dengan pembalap di depan, bahkan harus tersusul oleh pesaingnya yang ada di belakangnya.

Itulah cerita nestapa Rossi di MotoGP Buriram, Thailand. Usai hasil yang tak diharapkan di sesi kualifikasi, dimana memulai balapan dari urutan ke-9, sesungguhnya Rossi sudah merangkak naik ketika awal lomba hingga posisi ke-6. Hanya saja ausnya ban belakang, memaksanya harus tersusul oleh pembalap Suzuki Alex Rins dan Joan Mir, hingga harus puas finish di peringkat ke-8.

Dengan kata lain Rossi tertinggal 19 detik dari sesama penunggang Yamaha, Fabio Quartararo yang keluar sebagai runner-up. “Sayang sekali balapan kali ini selalu sama dengan hasil balapan yang lalu. Usai beberapa lap, selanjutnya saya menderita dengan cengkraman ban belakang,” keluh Rossi.
“Saya kehilangan grip, perfoma pun menurun dan saya harus mengurangi kecepatan. Ini adalah balapan yang sulit,” imbuhnya.

Pembalap tertua di pentas MotoGP ini mengakui sesungguhnya di awal lomba dia mampu kompetitif. “Ini sungguh memalukan sebab sejak lomba dimulai hingga 19 lap, saya mampu melakukan catatan waktu terbaik. Dan saya berharap mampu menjalani keseluruhan balapan dengan sempurna. Namun sayangnya untuk kesekian kali dengan masalah ban yang sama, kami selalu menderita menjelang lap-lap akhir,” timpal Rossi.

Kenyataan pahit yang dialaminya berulang kali, seakan menjadi cerminan performanya di musim ini. Namun sebagai legenda hidup MotoGP, dia tak akan menyerah untuk mencoba lebih baik lagi mengingat masih ada empat seri yang tersisa.

“Senantiasa di ujung balapan selalu berakhir dengan kondisi ban. Di Silverstone lalu cukup baik meski kualifikasi biasa saja, namun ketika balapan kembali menderita,” imbuhnya.

Tentang seri balap yang tersisa, Rossi yakin masih ada progress yang bisa dilakukan. “Kami akan membicarakannya lebih detil dan di Jepang nanti ada sesuatu yang bakal kami coba, semoga menjadikan kami lebih kompetitif di akhir musim,” harapnya.

Hingga kini Rossi menempati peringkat ke-6 di klasemen dengan 145 poin. Dia pun terancam oleh The Rookie, Quartararo yang mengintai 143 poin. Kendati demikian Rossi cukup fair ingin pembalap satelit Yamaha itu mendapatkan kesempatan yang sama.

“Ya, dia sangat penting untuk Yamaha. Dia melakukannya dengan sangat istimewa dan sungguh hal yang luar biasa dan penting dia akan mendapatkan motor yang sama,” pungkasnya. (anto/06-10-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *