Oli Tepat, Turbo Mantap

Surabaya (otoplasa.com) – Mobil turbo susah perawatan?
Jangan percaya dengan paradigma di atas. Pasalnya mesin turbo modern sekarang kini lebih mudah perawatannya, asalkan Anda senantiasa patuh dengan rekomendasi buku panduan kepemilikkan.

“Kunci utama perawatan mesin turbo adalah terletak pada pemilihan oli yang tepat, dengan waktu pergantian yang tepat pula,” wanti Eko Yuwono, Kepala Bengkel Honda Surabaya Center (HSC) yang dijumpai Otoplasa di Jalan Basuki Rahmat.

Eko memaparkan selama ini masa pergantian oli mesin pada mobil terpatri pada jarak tempuh dan masa pakai. Namun khusus di mobil-mobil Honda bermesin turbo (Civic Sedan, Civic Hatchback, Civic Type R dan CR-V), terdapat indikator ‘Oil Life” yang akan menginformasikan berapa km lagi waktunya ganti oli.

“Masa pergantian oli sekarang lebih akurat dengan indikator Oil Life di speedometer. Bila sudah menyala kuning dan jarak pakai yang direkomendasikan Oil Life sudah terlewati, maka waktu ganti oli mesin sudah harus dilakukan,” terangnya.

Dari pantauan Otoplasa, memantau Oil Life bagaikan mengecek sisa pulsa ala prabayar di smartphone. Oil Monitoring System yang diterapkan insinyur Honda sangat memudahkan bagi para pemilik mobil.

Sementara itu Marketing and After Sales Service Manager HSC, William Saputra menambahkan biar performa mesin turbo tetap terjaga optimal, selain oli juga harus disertai dengan pemakaian Engine Cleaner. “Engine Cleaner yang dimasukkan ke tangki bbm, akan membersihkan kerak karbon yang berada di saluran bbm hingga ruang pembakaran. Seperti diketahui sisa karbon ini juga mempengaruhi usia oli mesin,” tuturnya.

Lantas oli apa yang direkomendasikan Honda?
Pria ramah ini menyebutkan oli yang dianjurkan adalah Honda E-Pro Gold Full Synthetic 0W-20 dengan API Service SN GF-5. Sedangkan Engine Cleaner, William menyebutkan masuk pada kategori produk Honda Genuine Chemical. “Semuanya ada di bengkel resmi Honda. Dan bagi pengguna mobil Honda jangan sungkan untuk bertanya kepada mekanik, supaya mobilnya tetap terjaga performanya,” pungkasnya. (anto)

Jangan lupa sertakan Engine Cleaner tiap ganti oli mesin

Marketing & After Sales Service Manager HSC, William Saputra bersama Eko Yuwono, Kepala Bengkel HSC

Masa ganti oli lebih akurat dengan indikator Oil Life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *