Produk Baru Bikin Mobkas Makin Lesu

Jakarta – Rencana peluncuran beberapa produk baru seperti Mitsubishi X-Pander (Expander) hingga Wuling Confero S semakin memperlengkap nestapa para pedagang mobil bekas (mobkas). Ditambah musim memasuki tahun ajaran baru sekolah, masyarakat semakin selektif dalam membelanjakan dananya.

Melesunya bisnis mobkas juga diakui oleh divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Carmudi. Setelah momentum Lebaran yang banyak menuai pembeli, para pedagang mobkas kini mengeluh sepinya pembeli.

H Ahmad Fadilah, Ketua Ikatan Pedagang Mobil Bekas Jakarta Timur (IPMJ) menuturkan fenomena sepinya pembeli sudah dirasakan sejak seminggu setelah Lebaran. Banyak hal yang mempengaruhi sepinya pembeli, salah satunya adalah mulainya tahun ajaran baru sekolah.

“Kalo sekarang kebanyakan orang sibuk bayar daftar masuk sekolah. Tapi biasanya bulan – bulan ini hingga akhir tahun akan perlahan naik,” katanya.

Senada dengan Ahmad, salah satu pedagang mobil bekas dealer Fritz n Co yang terletak di Carsentro Yogyakarta juga mengeluhkan sepinya pembeli pascalebaran. “Kalau di masa sekarang orang fokus uangnya ke sekolah anak-anaknya, masa liburan sekolah juga memang jarang pembeli, orang-orang fokusnya ke liburan dan sekolah dulu,” tambah Jojon Ardi selaku pemilik dealer Fritz n Co.

Para pedagang memprediksi kondisi pasar mobkas akan kembali bergairah menjelang akhir tahun. Berdasarkan pengalaman peningkatan akan terjadi di bulan September hingga November mendatang.

“Fenomena yang terjadi itu memang membuat bisnis pedagang mobil bekas terganggu. Untuk itu sebenarnya sarana pemasaran para dealer konvensional harus merambah dunia online. Hal itu bertujuan untuk meluaskan cakupan pemasaran dan menyentuh calon pembeli yang tersebar di berbagai wilayah,” ujar Chandra Sidik selaku Head of Marketing and PR Carmudi.

Sementara itu dari pantauan Otoplasa di Surabaya, beberapa pedagang mulai khawatir dengan hingar bingar mobil baru yang akan meluncur. Rata-rata khawatir dengan harga Wuling Confero S yang menyasar LCGC dan Low MPV.

“Mobkas bisa makin lesu karena mobil baru harganya Rp 130 jutaan dengan kapasitas mesin 1.500 cc dan 8 penumpang seperti Wuling,” sesal Rudi pemilik showroom mobkas di Rungkut. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *