Terbukti Swingarm Karbon Bikin Rossi & Vinales Cepat

Otoplasa.com – Usai menjalani tes Misano, duo rider Yamaha, Valentino Rossi dan Maveric Vinales mulai sumringah. Khususnya setelah mereka menjajal komponen baru, berupa swingarm karbon.

Saat ujicoba posisi keduanya ada lonjakan signifikan. Rossi yang berada di urutan 13 naik ke-4 dan Vinales dari 17 melonjak ke-6. Sementara kembali pembalap satelit Yamaha, Fabio Quartararo tampil tercepat dan rekan setimnya di Petronas Yamaha Franco Morbidelli di urutan ketiga. Secara keseluruhan pembalap Yamaha berada di enam besar.

Sebagai catatan tahun lalu saat balapan di Misano, para pembalap Yamaha menderita akibat terlalu cepatnya ban terdegradasi. Berkat tambahan komponen baru Yamaha, Rossi dan Vinales optimis balapan selanjutnya 13-15 September akan berbeda. “Tahun lalu kami didera isu grip ban yang berkurang drastis saat balapan di sini. Untuk itulah tes yang kami lakukan sekarang bisa menentukan target kami untuk mengurangi masalah di atas,” kata direktur teknis tim Yamaha, Massimo Meregalli.

Sementara itu Rossi merasakan ada peningkatan signifikan. Dia yakin swingarm karbon membikin lebih ramah pada ban. “Hasil tes secara keseluruhan sangat baik sebab kami mampu meningkatkan dan menjaga grip belakang, mulai dari akselerasi dan saya merasa nyaman. Kami cukup kompetitif sekarang,” tegasnya.

Baca: Kebangetan Yamaha Tertinggal Pakai Swingarm Karbon

Disinggung tentang penutup karbon yang lain di rem depan, The Doctor mengaku belum tahu itu untuk apa. Namun yang pasti dia merasa desain motornya lebih ciamik. “Sungguh terlihat cantik, jadi kami harus tetap memasangnya,” ujarnya.

Sejauh ini Yamaha mengklaim tutup karbon di roda depan, tepatnya di cakram sebagai pembantu proses pendinginan pada rem. Jadi tak sekedar hiasan seperti klaim Rossi.

Tak mau kalah Vinales juga merasakan hal yang sama seputar upgrade komponen baru Yamaha. Dia mengaku puas khususnya tes di hari kedua, dimana ban tak cepat aus meski pengujian dilakukan pada suhu aspal yang panas.

“Hari ini hasil tes sangatlah positif dibanding kemarin. Saya cukup senang dengan hasil tes. Kami dapat meningkatkan catatan waktu di cuaca yang lumayan panas. Saya berputar lap cukup banyak mencoba simulasi lomba dan catatan waktu yang saya bikin sangat bagus. Secara keseluruhan saya sangat senang,” puji Vinales atas inovasi Yamaha.

Semoga saja saat lomba nanti, aksi susul menyusul menjelang lap terakhir akan kembali seru dengan kembalinya para pembalap Yamaha di deretan terdepan. (anto/31-08-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *