Kebangetan Yamaha Tertinggal Pakai Swingarm Karbon

Otoplasa.com – Lambat namun pasti, arah perkembangan motor Yamaha M1 di pentas MotoGP mulai ada di trek yang benar. Deretan motor Yamaha yang tampil mengesankan saat kualifikasi namun kedodoran ketika balapan, menjadikan duo pembalapnya Valentino Rossi dan Maverick Vinales garuk-garuk kepala.

Kasihan, 2 tahun lebih ngidam swingarm karbon tak dipenuhi Yamaha

Segendang sepenarian mereka sepakat motor kurang bersahabat dengan ban. Alih-alih berada di deretan terdepan, justru performa M1 bikin ban cepat tergerus hingga kehilangan grip di lap-lap pertengahan hingga akhir.

Sebagai solusi, Yamaha menghadirkan inovasi baru yakni swingarm berbahan serat karbon. Selain itu knalpot model baru hingga ada update mesin serta sistem elektronik yang kali pertama tampil di Brno awal bulan ini. Menilik ke belakang, sesungguhnya Rossi telah meminta Yamaha untuk membikin swingarm karbon sejak dua tahun lebih. Legenda hidup MotoGP itu yakin ayunan dan tekanan swingarm sangat berpengaruh terhadap beban dan usia ban saat balapan.

Rossi optimis jajal sparepart baru

Hanya saja ngidamnya Rossi ini belum dituruti Yamaha dan baru ada bulan ini. Sebagai pembanding, dari 6 pabrikan peserta MotoGP (Aprilia, Ducati, Honda, KTM, Suzuki dan Yamaha), dua deretan nama terakhir ini belum hijrah ke swingarm karbon. Suzuki dan Yamaha keukeh memakai berbahan alumunium.

Bayangkan Ducati telah menerapkan swingarm karbon sejak akhir 2009. Diikuti Honda yang menjadi pabrikan pertama Jepang pengguna karbon. Berlanjut ke Aprilia dan KTM. Rata-rata semua tim mengakui ada peningkatan performa, kendati mesin yang dipakai oleh tim-tim ini berkonfigurasi V-4, berbeda dengan Yamaha M1 yang menerapkan inline 4 silinder (segaris). Alhasil bila Yamaha baru saja memakai swingarm karbon, maka tinggal Suzuki yang belum.

“Yamaha sudah berada di arah yang benar namun hasilnya belum signifikan. Akselerasi dan elektronik ada peningkatan, tapi belum ramah terhadap kondisi ban. Kini sudah ada swingarm karbon yang saya minta sejak dua tahun lebih. Mudah-mudahan tes pekan ini di Misano berdampak positif,” harap Rossi yang mulai optimis menatap sisa lomba musim 2019. (anto/30-08-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *