Widih Ducati Sentil Aprilia Di Pentas MotoGP

otoplasa.com – Diam-diam muncul komentar menarik dari CEO Ducati, Claudio Domenicali. Dia menyebut timnya telah berhasil membanggakan rakyat Italia karena sanggup tampil kompetitif di pentas MotoGP. Terbukti baik motor dan pembalapnya, memimpin klasemen hingga seri tiga MotoGP berjalan.

Andrea Dovizio merengkuh 54 poin, sedangkan di kategori pabrikan juga sama mengoleksi 54 poin. Urutan pembalap selanjutnya, masing-masing ditempati Valentino Rossi, Alex Rins, Marc Marquez dan Danilo Petrucci. Artinya Ducati berhasil menempatkan duo pembalapnya di 5 besar.

Domenicali menegaskan dominasi rider asal Spanyol yang sebagian besar memakai motor pabrikan Jepang, ala Honda, Yamaha maupun Suzuki, telah mampu disaingin oleh skuad Italia, baik motor dan pembalap. Untuk itu dia yakin Italia patut berbangga karena memiliki motor dan pembalap yang hebat.

“Harus diakui, kami memiliki motor yang hebat dan pebalap yang tak kalah hebat,“ bangga Domenicali seperti yang diulas Tuttomotoriweb.

“Ducati menunjukkan kepada dunia bahwa kami bisa terus meningkatkan performa motor. Kami memiliki motor pabrikan Italia yang bisa mencapai podium bahkan meraih kemenangan di setiap balapannya, maka jelas itu adalah sesuatu hal yang baik untuk orang-orang Italia.”

Apakah semua orang Italia bangga?
Tentu bangga dengan Ducati.
Lalu bagaimana dengan pabrikan Aprilia yang sesama negara namun cukup terseok-seok di MotoGP?

Bisa jadi Ducati melakukan psywar kepada musuh dalam selimutnya di MotoGP. Hingga kini Aprilia belum mampu menempatkan pembalapnya, Aleix Espargaro dan Andrea Iannone menembus 10 besar. Masing-masing terdampar di urutan ke-13 dan 18. Klasemen pabrikan pun terkapar di urutan buncit di bawah KTM.

Padahal selain merekrut pembalap baru, Aprilia juga telah mendatangkan mantan petinggi tim F1 Ferrari, Massimo Rivola sebagai CEO Aprilia Racing. Menariknya Rivola mengakui masalah yang terjadi pada motornya adalah tingkat keseimbangan, yang juga pernah dikeluhkan pembalapnya.

Alhasil capaian Ducati dan Aprilia bagaikan bumi dan langit. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *