Edan, Skutik Honda X-Adv Juara Rally Gibraltar

Kandaskan Motor BMW Hingga KTM!
Otoplasa.com – Honda memang merek raksasa sebagai produsen motor terbaik di dunia. Bayangkan skutik big bike premiumnya, Honda X-Adv yang baru saja dipasarkan di Tanah Air April 2019 lalu seharga Rp 450 juta on the road Jakarta, ternyata garang juga ketika mengikuti Rally Gibraltar Race sejauh 7000 km melintasi Benua Eropa.

Renato Zocchi juara pertama Class 2 dengan Honda X-Adv

Dikendarai Renato Zocchi keluar sebagai juara pertama di Class 2 Gibraltar Race 2019!

Zocchi tampil impresif dan menjadi pereli motor yang telah kali kedua mengikuti kejuaraan ini bersama motor matic, disaat lainnya menunggangi motor sport ala BMW maupun KTM hingga Husqvarna. Berbekal pengalaman tahun lalu, Zocchi siap bersaing dengan pereli lain yang menaiki motor berbeda. Dia yakin bersama Honda X-Adv, bakal tampil trengginas dan mampu bersaing dengan yang lain.

Adapun para pemenang di tiap kelas diantaranya;
– Allan Alistair juara Class 1 bersama BMW HP2 Enduro,
– Renato Zocchi juara Class 2 dengan Honda X-Adv dan,
– Mark Kinnard juara Class 3 menaiki KTM EXC 500 Rally.

Tentu saja raihan Zocchi membuka mata para petualang dunia yang menunjukkan bahwa dunia adventure rally maupun touring ekstrim dapat dilakukan dengan motor matic. Sebagai catatan penting, di Class 2 (601 – 950 cc) diikuti banyak motor tangguh, diantaranya KTM 950 Super Enduro, KTM 790 Adventure R, KTM 690 Enduro, KTM 640 Adventure, KTM 660 Rally, Husqvarna 701 Enduro, dan BMW F 800 GS Adventure.

Lumayan ekstrim menempuh jarak 7000 km

Honda X-Adv sendiri berkapasitas 745 cc, liquid-cooled SOHC, 6 speed, 8-valve, dengan konfigurasi parallel twin-cylinder. Mesinnya berdaya 40,3 kW/6250 rpm dan torsi maksimum 68Nm/4750rpm. Dengan penyaluran tenaga dari mesin ke roda belakang menggunakan rantai.

“Tentu merasa lucu ketika bersaing dengan motor sport enduro lain yang memakai satu atau dua silinder. Banyak yang tidak membayangkan akan balapan dengan matic dan saya yakin tak ada yang mau melakukannya, namun saya bisa dan ternyata sangat mengasyikkan,” kata Zocchi.

Tentu kabar kemenangan Zocchi bagaikan amunisi bagi Honda X-Adv untuk seluruh dunia. Dimana sekarang muncul sebutan baru bagi X-Adv, yakni ‘SUV Dua Roda’. “Hanya teknologi Honda menjadikannya semua memungkinkan, baik itu teknologi yang diusungnya dan ketahanannya. Tahun ini kami melewati 14 stage yang bervariasi medannya dan sangat selektif sekali,” terang Zocchi.

Ingat, Jatim belum meluncur ya harga resmi Honda X-Adv

Lantas apa saja ubahan yang dilakukan Zocchi?
“Mesin dan sasis masih standar. Tambahan utama yaitu knalpot performa tinggi SC-Project dan suspensi yang disetel ulang dengan racikan Öhlins oleh Andreani Group. Ban memakai Anlas Capra X, sempurna sebagai perpaduan melewati berbagai kondisi jalan, serta pelek memakai Bartubeless,” ujarnya.

Tak ayal perbedaan antara motor matic dan sport pun semakin ‘tipis’. Seperti penjelasan Suhari, Marcomm & Development Division Head PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT kepada Otoplasa beberapa waktu lalu. “Ke depan bakal banyak yang beralih ke skutik premium, karena fitur-fiturnya tak kalah dengan motor sport. Dan harus diakui di Jatim sendiri, pasar motor sport mulai menurun, sementara skutik premium terus tumbuh dan bertambah,” paparnya.

Nah pecinta big bike, siap beralih nih ke rajanya matic Honda X-Adv?
Sstt sabar, harga di Jatim juga belum launching. (boim/source: motopinas/11-07-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *