Honda Sengaja Bikin Civic Terbaru Lebih Boros

Otoplasa.com – Produk anyar otomotif biasanya diklaim lebih hemat bahan bakar dibandingkan versi sebelumnya. Hanya saja ini tak berlaku bagi Honda Civic terbaru khususnya varian SI (Sport Injected). Bayangkan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA – Environmental Protection Agency) memastikan bahwa Civic SI 2020 lebih boros konsumsi bahan bakarnya 2 mpg dibandingkan Civic yang lain.

Rupanya Honda punya alasan menjadikannya demikian. Gara-gara menerapkan rasio gigi penggerak akhir yang lebih pendek untuk performa yang lebih galak, Honda Civic SI jadi lebih banyak minum bbm dibandingkan saudaranya. Alasannya demi pencapaian tenaga mesin 205 hp dan torsi maksimal hingga 260 Nm! Berkat akselerasi yang lebih cepat maka raungan mesin akan berjalan di rpm yang lebih tinggi. Imbasnya konsumsi bahan bakar bakal berlebih. Oh ya EPA mengujinya pada Civic SI bertransmisi manual, yang memang lebih garang.

Kendati demikian Honda tetaplah Honda. Walaupun Civic SI jadi lebih boros dibandingkan Civic yang lain, namun masih tergolong paling irit bila dibandingkan dengan mobil sport kompak sejenis. Di Paman Sam Civic SI bersaing dengan Fiat 500 Abarth, Veloster Turbo, Jetta GLI, hingga Mini Cooper S.

Selain sistem penggerak dan setingan mesin yang mengalami perubahan, Honda Civic SI juga dirombak bagian eksterior dan interior. Baik versi sedan maupun coupe. Tampilan luarnya paling kentara pada lekukan baru bemper depan dan grill. Termasuk desain headlamps yang lebih eyecatching berkat lampu Daytime Running Light (DRL). Sementara bagian bemper belakang lebih gemuk namun tetap terkesan sporty. Demikian pula dengan interiornya yang juga lebih sporty. (anto/23-08-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *