Jasa Raharja Jatim Proaktif Musibah Kapal Santika Nusantara

Otoplasa.com – Musibah terbakarnya Kapal Motor (KM) Santika Nusantara mendapat perhatian serius dari PT Jasa Raharja. Kapal yang terbakar di wilayah Perairan Maselembo, Sumenep – Jawa Timur pada Kamis (22/08) malam tersebut awalnya disebutkan mengangkut 111 penumpang.

Dalam perkembangan proses evakuasi, SAR mencatat ada 143 penumpang. Hingga kini tim SAR masih fokus pada evakuasi penumpang dan mencari penumpang yang hilang.

Suhadi SE, AAAIK, Kepala Cabang Jasa Raharja Jatim mengucapkan turut berbela sungkawa atas musibah yang terjadi. Sebagai Wujud negara hadir untuk memberikan perlindungan dasar, maka Jasa Raharja siap memberikan pembayaran santunan langsung kepada ahli waris maupun pembiayaan perawatan korban.

“Berdasarkan UU No 33 dan PMK No. 15 tahun 2017, bagi korban meninggal dunia, maka Jasa Raharja memberi hak santunan sebesar Rp 50.000.000 kepada ahli waris korban meninggal dunia dan menjamin biaya perawatan kepada korban yang dirawat di rumah sakit, dengan biaya perawatan maksimum Rp 20.000.000 terhadap korban luka luka,” tegas Suhadi.

“Kami masih fokus upaya evakuasi dan pencarian serta penyelamatan para penumpang,” imbuh Suhadi.

Selain itu Jasa Raharja menyediakan manfaat tambahan biaya P3K maksimal sebesar Rp. 1.000.000 dan ambulace dari TKP ke rumah sakit sebesar maksimal Rp. 500.000. Petugas Jasa Raharja setelah kejadian juga telah koordinasi dengan pihak Syahbandar dan juga pihak rumah sakit/puskemas untuk menjamin korban luka-luka.

Sejauh ini korban yang berhasil dievakuasi, sebagian telah ditangani di rumah sakit di Masalembu, dan sebagian dibawa ke Surabaya. KM Santika Nusantara rencananya berlayar dari Balikpapan menuju Surabaya. Selain penumpang, kapal tersebut juga mengangkut 83 kendaraan. (anto/24-08-2019)

Kepala Perwakilan Jasa Raharja Malang Zul Efendi menyerahkan santunan ahliwaris penumpang Santika Nusantara atas nama korban Asfani kepada istri korban, Siti Fatimah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *