Inilah Finalis Mobil Terbaik Dunia 2019

otoplasa.com – Adakah mobil milikmu atau impianmu yang masuk pada kategori mobil terbaik dunia 2019 (2019 World Car of the Year)?
Jika ya selamat, karena tak mudah masuk sebagai finalis bahkan sebagai pemenang. Pasalnya yang memilih adalah juri yang sangat kompeten sesuai keahliannya masing-masing. Selain itu juga melibatkan 86 juri dari para jurnalis otomotif dunia. Alhasil jika suatu saat nanti para juri mengumumkan pemenangnya, maka mobil yang dimaksud memang jempolan!

Pada ajang kali ini terbagi menjadi enam kategori, diantaranya;
1. World Car of the Year,
2. World Urban Car,
3. World Luxury Car,
4. World Performance Car,
5. World Green Car, dan
6. World Car Design.

Nah setelah melalui seleksi, dari 40 penantang ada 10 mobil yang berhak masuk sebagai finalis The 2019 World Car of the Year. Mereka adalah;
– Audi e-tron,
– BMW 3 Series,
– Ford Focus,
– Genesis G70,
– Hyundai Nexo,
– Jaguar I-PACE,
– Mercedes-Benz A-Class,
– Suzuki Jimny,
– Volvo S60/V60,
– Volvo XC40.

Sedangkan 5 finalis The 2019 World Urban Car diantaranya;
– Audi A1,
– Hyundai AH2 / Santro,
– Kia Soul,
– SEAT Arona,
– Suzuki Jimny.

Dan 5 finalis The 2019 World Luxury Car adalah;
– Audi A7,
– Audi Q8,
– BMW 8 Series,
– Mercedes-Benz CLS,
– Volkswagen Touareg.

Sedangkan lima finalis The 2019 World Performance Car sebagai berikut;
– Aston Martin Vantage,
– BMW M2 Competition,
– Hyundai Veloster N,
– McLaren 720S,
– Mercedes-Benz AMG 4-door Coupe.

Nah ini lima finalis mobil paling ramah lingkungan 2019 World Green Car yang diraih;
– Audi e-tron,
– Honda Clarity Plug-In Hybrid,
– Hyundai Nexo,
– Jaguar I-Pace,
– Kia Niro EV.

Khusus mobil dengan desain terbaik ada lima finalis di kategori 2019 World Car Design;
– Citroen C5 Aircross,
– Jaguar E Pace,
– Jaguar I PACE,
– Suzuki Jimny,
– Volvo XC40.

Nah itu semua para finalis dari berbagai kategori. Kini semua mobil dalam pengujian dan akan diumumkan para pemenangnya pada 17 April 2019 di New York.

Dasbor Suzuki Jimny khas SUV

Bila mengamati seluruh mobil yang masuk sebagai finalis, ada kegemasan yang Otoplasa rasakan. Ya, itu adalah sosok Suzuki Jimny terbaru. Mobil yang tampil di GIIAS 2018 lalu itu benar-benar banyak menarik perhatian. Mulai dari konsumen yang menanyakan kapan dipasarkan di Indonesia, hingga membuktikan bahwa selera pecinta mobil di Tanah Air tak salah. Dimana Jimny sukses masuk pada beberapa kategori Car of The Year di tahun ini.

Rasanya PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) harus segera memasarkannya di sini. Kalaupun harganya mengikuti pajak impor dari Jepang, pecinta Jimny sejati tak akan keberatan. Mengingat Jimny benar-benar menghipnotis pecinta otomotif di seluruh dunia.

Catatan lainnya dari ajang ini adalah ketidak-hadiran salah satu produk dari raksasa otomotif dunia, Toyota. Dari seluruh finalis yang terpampang pada enam kategori, perwakilan mobil Toyota tidak tampak sama sekali.

Info menarik lainnya adalah KIA, dimana pabrikan Korea Selatan ini berhasil menempatkan mobilnya KIA Soul dan KIA Niro EV masuk pada dua kategori. Di ajang dunia KIA tersenyum lebar, namun performanya di pasar dalam negeri ngos-ngosan. KIA oleh GAIKINDO dianggap mengundurkan diri sebagai anggota (GAIKINDO) karena beberapa bulan tak memberikan laporan hasil penjualan.

Ternyata apa yang terjadi di luar sana, kontradiksi dengan keadaan di sini. Mirip dengan peribahasa ‘Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya.’ (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *