Januari Pesta Februari Terjungkal, Toyota Yang Bertahan

otoplasa.com – Mau tahu kiprah penjualan pabrikan raksasa otomotif sedunia di 2019?
Ternyata informasi yang Otoplasa kutip dari dailykanban.com sungguh menarik. Dimana Toyota mampu menjaga ritme positif penjualannya, sementara Volkswagen dan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi terjungkal bebas.

Tahun ini seakan tak berjalan baik bagi Volkswagen dan Renault-Nissan-Mitsubishi. Hanya Toyota yang mampu menjaga pertumbuhan penjualan unitnya. Toyota selama dua bulan berjalan, mampu membukukan 1.769.413 unit di seluruh dunia, diikuti Volkwagen dengan 1.606.700 unit dan Renault-Nissan-Mitsubishi (1.588.983 unit). Toyota alami kenaikkan 4,3%, sedangkan Volkswagen dan Renault-Nissan-Mitsubishi, masing-masing alami penurunan 1,8% dan 6,4%.

Volkswagen lumayan menderita di China, yang sebelumnya adalah pasar terbesarnya kini harus turun prosentase penjualannya hingga 5% di dua bulan pertama 2019. Kondisi penurunan ini pun terjadi di Amerika Serikat dan banyak negara. Kecuali di Amerika Selatan dan Rusia yang mulai ada peningkatan.

Sementara itu jalinan kerjasama Renault-Nissan-Mitsubishi mulai menemui masalah penjualan. Untuk kali pertama, ketiganya harus berbesar hati menghadapi kenyataan bahwa terjadi penurunan penjualan secara bersamaan.

Awalnya Nissan telah mengalami penurunan penjualan di akhir 2018 sebanyak 5%, dimana ketika itu Renault justru tumbuh penjualannya 3% dan Mitsubishi 20%. Sayangnya pesta itu tak berlanjut di awal dua bulan 2019, yakni Renault terjerembab 8,5%, Nissan 6,3%, dan Mitsubishi 1,9%. Untungnya Mitsubishi penurunannya tak terlalu besar secara global, bisa jadi karena kontribusi pasar Indonesia dan ekspor yang masih meminta pasokan Xpander lebih besar. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *