Malaysia Siasati Tarif Tol Sesuai Tingkat Kemacetan!

otoplasa.com – Meski Malaysia dibilang saudara muda, namun tak ada salahnya belajar dari negara tetangga kita. Nah kali ini Otoplasa mencermati langkah yang diambil oleh Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, untuk urusan tol.

Bila di Tanah Air sedang hangat-hangatnya membicarakan tarif tol Trans Jawa yang dianggap kemahalan, maka langkah kebijakan yang akan dilakukan Kerajaan Malaysia ‘sangat’ menyenangkan bagi warga negara sana. Yaitu Pemerintahan Mahathir sedang menggodok tarif tol di jam gratis dan berbayar di jam sibuk.

Untuk yang gratis akan dilakukan di luar jam padat kendaraan, yakni antara pukul 11.00 – 17.00 (7 jam gratis) waktu setempat. Jam padat barulah dikenakan wajib membayar dan ini berlangsung selama 6 jam dalam sehari. Malaysia menamakannya biaya kemacetan yang nominalnya setara dengan tarif tol saat ini. Entah di luar waktu jam yang disebutkan, apakah ada diskon atau tidak masih belum ada info resmi.

Tentu langkah yang dilakukan Mahathir sangat menarik. Ini merupakan mahar janji politiknya usai memenangkan Pemilu Mei 2018 lalu. Bernama melaporkan Mahathir telah melakukan pembicaraan dengan Gamuda Bhd, perusahaan konstruksi Malaysia yang mengelola sejumlah jalan tol.

Bagaimana, apa bisa diterapkan di sini?
Hmm tampaknya nggak janji deh. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *