Pertamina Lubricants Dukung Tim Sapu Angin ITS

Surabaya, OTOPLASA – Membawa visi dan misi sebagai perusahaan kelas dunia, PT Pertamina Lubricants memberikan dukungan terhadap Tim Sapu Angin mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Tim yang akan berlaga di ajang Student Formula Japan 2017 tersebut selama riset dan pengembangan menggunakan pelumas Pertamina, yakni Enduro 4T Sport.

Demikian penjelasan Eko Ricky Susanto, Sales Region Manager V Surabaya PT Pertamina Lubricants. Menurutnya Pertamina sangat komitmen memajukan karya anak bangsa, terutama bila membawa nama Indonesia di pentas internasional.

“Ya kita mendukung Tim Sapu Angin ITS sejak dulu. Semoga bantuan dan dukungan kami bisa menempatkan tim ini lebih berprestasi di kancah dunia”, terangnya.

Sementara itu GM Pertamina Marketing Operation Region V, Herman M Zaini mengatakan Pertamina sangat bangga bisa menjadi bagian dari ITS TIM Sapu Angin yang mengikuti Student Formula Japan untuk kelima kalinya. “Ini merupakan salah satu langkah menuju Pertamina mendunia”, imbuhnya.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD menambahkan mobil balap formula ITS generasi kelima ini diklaim bertenaga maksimal 81,6 KW. “Setelah melalui berbagai evaluasi panjang, kami yakin tahun ini ITS akan mampu masuk dalam 10 besar di kompetisi Student Formula Japan. Karena sebelumnya di ajang balap, ITS Surabaya mendapatkan posisi ke 27”, harap Joni.

“Untuk persiapan kali ini, tim merombak dari sisi engine performance serta body design. Terutama merombak total permesinan mobil dengan empat silinder dan perbandingan kompresi 12,8:1. Dengan demikian kami yakin tidak akan mengalami kendala yang berarti seperti tahun sebelumnya,” tambahnya.

Menurut rencana, tim yang beranggotakan mahasiswa dari Departemen Teknik Mesin, Teknik Fisika, dan Teknik Material ini akan bertolak ke Ecopa Stadium, Shizuoka Prefecture, Jepang pada 2 September 2017. Lomba balap di ajang Student Formula Japan 2017 berlangsung pada 5 – 9 September 2017. (anto)

 

Sumber Video: Youtube by Mario Devan & Otoplasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *