Pertamina Lubricants Tingkatkan Daya Saing Global Melalui SNI

Indonesia Quality Expo (IQE) 2018 Grand City Convex
Surabaya (otoplasa.com) – PT Pertamina Lubricants, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri di pasar domestik dan internasional, tahun ini kembali mendukung Pameran Indonesia Quality Expo (IQE) 2018 di Grand City Convex, Surabaya, Jawa Timur 25 – 28 Oktober 2017.

Pameran tersebut diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan merupakan kegiatan rangkaian Bulan Mutu Nasional (BMN) dan Hari Standar Dunia (World Standar Day). Tujuan dari pameran ini adalah untuk mendorong pertumbuhan infrastruktur standardisasi dan daya saing produk untuk dapat bersaing baik di pasar nasional maupun global dengan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Dalam kesempatan ini, Pertamina Lubricants tidak hanya memamerkan produk-produk pelumas unggulannya dengan kualitas Internasional dan bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), namun perusahaan juga akan bercerita mengenai inovasi serta program perbaikan berkelanjutannya atau Continuous Improvement Program (CIP), dan program unggulan Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan untuk mengendalikan mutu dalam proses bisnis perusahaan serta mengedepankan kontribusi sosial dan lingkungan dalam pengembangan bisnis.

“Kami bangga bisa menjadi bagian dari Pameran ini. Sebagai perusahaan yang memiliki visi untuk menjadi perusahaan pelumas dunia, Pertamina Lubricants mendukung penuh penerapan standardisasi produk dan penggunaan produk bersertifikat SNI. Ini merupakan komitmen perusahaan untuk secara konsisten memberikan produk dengan kualitas terbaik untuk konsumen Indonesia dan juga memiliki competitive advantage ketika bersaing dipasar global. Kami juga sudah beberapa kali memenangkan predikat Gold dan Platinum untuk penerapan SNI.” Ungkap Mohammad Irfan, Direktur Operasi PT Pertamina Lubricants.

Saat ini, Pertamina Lubricants terus mendaftarkan produk-produknya ke Balai Sertifikasi Industri (BSI) untuk memperoleh SPPT SNI (Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda SNI) dimana perusahaan berhak untuk mencantumkan logo SNI (Standar Nasional Indonesia) pada setiap kemasan produknya.

Sampai saat ini, Pertamina Lubricants telah proaktif mensertifikasikan SNI pada produk pelumas unggulannya sejak tahun 2013. Pertamina Lubricants sudah mengantongi sertifikasi SNI untuk berbagai varian produk pelumas di segmen otomotif dan industri termasuk Fastron, Prima XP, Enduro 4T, Meditran SX dan Turalik dan masih banyak lagi.

Dukungan penerapan SNI untuk berbagai lini produk
Penerapan SNI Wajib memiliki tujuan sendiri bagi Pertamina Lubricants. Pertama, Pertamina Lubricants mengedepankan kepentingan konsumen dan masyarakat Indonesia dengan memastikan bahwa mutu dan kualitas pelumas Pertamina telah memenuhi Standar Nasional Indonesia dan diakui secara internasional. Selain, SNI juga dapat meningkatkan daya saing lokal serta mematangkan strategi perusahaan dalam menghadapi MEA dan persaingan bisnis secara global, Penerapan SNI wajib ini juga akan mendorong Pertamina Lubricants untuk terus melakukan kontrol dan evaluasi kualitas produk dengan ketat untuk memberikan produk yang prima dan juga untuk melindungi konsumen dari produk pelumas tidak beridentitas ataupun palsu.

Konsumen merupakan bagian dari advocacy perusahaan yang telah memberikan konstribusi pertumbuhan luar biasa untuk industri pelumas, khususnya Pertamina Lubricants di Indonesia. Dengan adanya SNI, konsumen memiliki panduan dalam memilih produk ditengah banjirnya produk pelumas impor dan produk lokal.

Pelumas Pertamina ditunjang dengan sumberdaya baik human capital, technology, knowledge, financial, production facility dan R&D yang andal, produk Pelumas Pertamina telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional baik berupa Approval dari badan-badan uji pelumas International seperti API, ACEA, JASO, dari Original Engine Manufacturer (OEM) seperti Daimler Chrysler, Mercedes Benz, Toyota, Honda, Suzuki dan yang terbaru telah menjadi technical partner pabrikan Super Car ternama Automobile Lamborghini. Selain itu, produk pelumas Pertamina seperti Fastron Synthetic Oil sudah bersertifikasi API SN dan ILSAC GF5 yang merupakan sertifikasi API SN (American Petroleum Institiute) terbaru untuk motor oils. Sertifikat GF-5 diberikan langsung oleh ILSAC, yakni International Lubrication Standard and Approval Committee yang merupakan gabungan para pabrikan mobil dunia. GF-5 mensyaratkan kemampuan-kemampuan atau aspek baru tentang performa pelumas yang sebelumnya tidak disyaratkan. Teknologi dengan sertifikasi ini dapat melindungi mesin dan membantu menghemat bahan bakar serta bersahabat dengan sistem pengendali emisi gas buang kendaraan.

Langkah selajutnya, Pertamina Lubricants juga akan terus berupaya untuk memberikan edukasi dan sosialisasi SNI kepada masyarakat dan juga konsumen setianya, agar standardisasi menjadi faktor yang dikedepannya dalam memilih produk. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *