Raih Finish Stephen Langitan & Bikers Enduro Go Out & Adventure Kunjungi Production Unit Gresik

otoplasa.com – Stephen Langitan dan rombongan bikers telah masuk pada etape terakhir perjalanan touring sepeda motor Enduro Go Out & Adventure yang berakhir di Jawa Timur di salah satu pabrik pelumas PT Pertamina Lubricants yakni Production Unit Gresik (PUG) pada Sabtu, (06/04). Kunjungan ini merupakan pemberhentian terakhir dari rangkaian perhelatan touring dari Sabang hingga Gresik sejauh 5.000 km yang dimulai dari Kawasan Wisata Tugu 0 Km Sabang, Aceh Sabtu,(09/03) lalu.

Sebelumnya, Stephen dan rombongan telah menempuh perjalanan melalui Medan, Padang, Bengkulu, Lampung, Bandung dan Jogjakarta dengan total waktu perjalanan selama 29 hari.

Kunjungan ke Production Unit Gersik sebagai titik akhir perjalanan touring 5.000 km bertujuan untuk memperkenalkan secara langsung proses bisnis Pertamina Lubricants khususnya proses produksi pelumas karya anak bangsa seperti Fastron dan Enduro. Stephen dan para bikers berkesempatan mengelilingi pabrik dan melihat langsung proses pembuatan pelumas dan sistem quality management (QM) mulai dari proses blending hingga proses filling dan packaging. Selain itu juga diberikan informasi mengenai proses formulasi pelumas dan proses pengujian produk di Laboratorium.

Proction Unit Gersik (PUG) merupakan salah satu dari tiga pabrik pelumas yang dimiliki PT Pertamina Lubricants di Indonesia dengan kapasitas 120 juta liter / tahun untuk LOBP Plant dan 9 juta liter / tahun untuk VM atau Visco Modifier Plant. Pabrik ini sudah dilengkapi dengan berbagai mesin berteknologi modern serta laboratorium pengujian pelumas yang berkelas dunia.

Ageng Giriyono Direktur Utama PT Pertamina Lubricants mengatakan, “Kunjungan ini sekaligus sebagai titik akhir perjalanan touring para bikers 5.000 km dari Sabang sampai ke Gersik (PUG) dan juga sebagai ajang para bikers untuk memperoleh pengetahuan lebih dalam mengenai kegiatan bisnis Pertamina Lubricants yang mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah agar seluruh peserta touring tidak hanya mengenal produk-produk pelumas Pertamina melalui penggunaan produknya, namun juga diharapkan dapat mengedukasi lebih dalam mengenai proses bisnis dan proses produksi produk-produk pelumas Pertamina langsung dari sumbernya. Diharapkan lebih lanjut para bikers dapat ikut mengedukasi para member dan komunitasnya untuk menggunakan produk Pertamina, produk buatan anak bangsa yang sudah teruji kualitasnya dan berstandar internasional.”

Selain itu, rombongan juga berkesempatan untuk melihat salah satu program Corporate Social Responsibility PT Pertamina Lubricants yakni Bengkel Enduro Express yang dikelola oleh karang taruna Pulopancikan Gresik.

Dalam kesempatan yang sama juga diselenggarakan sesi talkshow yang diisi oleh Stephen dan rombongan dimana mereka kembali menceritakan pengalaman selama melakukan perjalanan touring Enduro Go Out & Adventure dan mengungkapkan ketangguhan dan kualitas pelumas yang digunakan yakni pelumas Pertamina Enduro. Selain pelumas Enduro, perjalanan ini juga menggunakan bahan bakar Pertamax dan menggunakan Bright Gas Can untuk kegiatan lainnya seperti memasak.

Stephen Langitan menjelaskan bahwa kunjungan ke Pabrik pelumas merupakan pengalaman yang pertama dan merasa sangat bangga dapat melihat langsung bagaimana pelumas yang mereka gunakan diproduksi dan benar-benar diuji kualitasnya.

Pada kegiatan touring ini juga turut dikunjungi berbagai proyek Pertamina lainya antara lain Pertamina Geothermal Energy Sibayak, Pertamina Geothermal Ulu Belu Lampung, Geothermal Kamojang Garut, dan Refinery Unit (RU) Cilacap.

“Perjalanan kami selama 29 hari tentunya penuh dengan suka dan duka. Selama itu juga motor kami menggunakan pelumas Enduro dan memang sudah terbukti tangguh dalam menghadapi medan jalan apapun. Kami berterimakasih kepada Pertamina Enduro yang telah mendukung kami dan berharap dapat terus menginspirasi dan menyebarkan semangat positif berkendara kepada masyarakat terutama para bikers Indonesia,” ungkap Stephen.

Selama perjalanan, para bikers menghampiri berbagai lokasi SPBU Pertamina untuk mengisi bahan bakar dan memeriksa kondisi pelumas mesin mereka di gerai OliMart, Bright OliMart Modular dan Enduro Express. Pemilihan bahan bakar yang digunakan peserta menyesuaikan dengan kebutuhan dan teknologi masing-masing kendaraan, sehingga mendukung performa kendaraan selama melakukan touring sejauh 5.000 km ini. Bahan bakar Pertamax untuk kendaraan bensin dengan RON 92 dengan teknologi detergency, demulsifier dan corrosion inhibitor, mampu meningkatkan daya jelajah kendaraan dan merawat kendaraan walaupun digunakan pada perjalanan panjang. Dan Pertamina Dex dengan Cetane Number 53 dan kadar sulfur dibawah 300 ppm akan menghasilkan performa maksimal untuk kendaraan diesel.

Tidak hanya bahan bakar, selama perjalanan touring para peserta juga dimudahkan dengan hadirnya produk LPG dalam kemasan kaleng Bright Gas Can 220 gram yang sangat cocok digunakan untuk kegiatan memasak di alam terbuka. Peserta Enduro Touring dapat beristirahat sembari melakukan outdoor activity di beberapa lokasi singgah dan dapat menggunakan Bright Gas Can untuk bahan bakar kompor portablenya sehingga membuat kegiatan memasak semakin praktis.

Sebelumnya, Pertamina Enduro telah digunakan dalam petualangan Jakarta – London dan terbukti ketangguhannya dengan melintasi 22 negara dengan berbagai macam medan dan kondisi jalan yang bervariasi, seperti jalan tertinggi di pegunungan Himalaya (Nepal dan Nirthern India), dan juga suhu udara gurun pasir yang panas di Pakistan dan Iran, hingga pegunungan bersalju Alpen di daratan Eropa. (*/anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *