Selayang Pandang Isuzu MU-X i Series

Otoplasa.com – Setelah diluncurkannya pada tanggal 18 Juli 2019 lalu di ajang otomotif GIIAS 2019, awal bulan ini Isuzu mu-X tipe i-Series untuk pertama kalinya hadir di Surabaya melalui acara Roadshow Isuzu mu-X, yang diselenggarakan di Galaxy Mall Surabaya, mulai 9 hingga 15 September 2019.

Roadshow Isuzu mu-X yang digelar oleh PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation (atau biasa yang disebut Astra Isuzu) sebagai Distributor kendaraan LCV di Indonesia akan dilaksanakan pada 7 kota lainnya, yaitu Bandung, Semarang, Medan, Pekanbaru, Banjarmasin dan Samarinda. Tak hanya Isuzu mu-X tipe terbaru yang kami tampilkan, tetapi juga Isuzu mu-X tipe 4×4 dan Isuzu D-Max yang juga meramaikan kegiatan roadshow ini.

“Astra Isuzu selaku distributor kendaraan LCV (light commercial vehicle) di Indonesia berupaya terus memberikan yang terbaik bagi konsumen di Tanah Air. Tahun 2019 ini kami melaunching tipe i-Series, dan nanti rencananya dalam beberapa waktu ke depan akan kami siapkan dua tipe terbaru lagi yaitu S-Series dan Z-Series. Tiga tipe terbaru ini merupakan penyegaran dari tipe sebelumnya,” tutur Marketing Division Head PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) Andy Dwi Zatmoko saat launching di GIIAS 2019.

FX Hartanta Adi Nugroho, Marketing Communication Departemen Head Astra Isuzu menyampaikan, “Dengan mengusung konsep Drive With Confidence, Isuzu MU-X dapat membuat pengendara lebih percaya diri menghadapi tantangan setiap hari. Isuzu MU-X siap mendampingi kegiatan konsumennya sehari-hari dalam mencapai tujuan, meraih peluang yang ada. “Termasuk menggapai impian serta menjadikan hari-hari Anda menjadi lebih bermakna,” tukas dia.

FX Mardiono Danusaputro, Regional Manager Jawa Timur Astra Isuzu dalam press conference Roadshow Isuzu mu-X juga menjelaskan, “Isuzu MU-X terbaru yang didatangkan dari Thailand itu bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Apalagi, minat terhadap mobil SUV sedang tinggi. Malah, dalam dua tahun belakangan ini, penjualan MU-X terus meningkat. Pada 2017, penjualan Isuzu MU-X menapai 712 unit. Jumlah itu naik menjadi 737 unit pada 2018. Berdasarkan data terbaru dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari hingga Agustus 2019, penjualan MU-X sudah mencapai sekitar 164 unit.”

Mardiono menambahkan, “Khusus di acara Roadshow ini, kami memiliki sales program yang menarik bagi pengunjung, yaitu dengan pembelian Isuzu mu-X akan mendapatkan Free Voucher MAP senilai 5 juta Rupiah, Free Voucher Oli selama 2 tahun/50.000 KM, Free Jasa Servis 5 Tahun/50.000 KM. Bagi pengunjung ingin test drive juga bisa langsung datang ke Galaxy Mall Surabaya.”

Performa
Isuzu MU-X 4×2 i-Series ditopang mesin Turbo Diesel Isuzu 4JK1-TC, 2.5L berteknologi Direct Fuel Common Rail bertekanan tinggi. Mesin itu memiliki tenaga sebesar 136 ps dan torsi flat 32,6 Kgm/1.800-2.800 rpm. Mesin MU-X ini juga didukung system Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System). “Isuzu DNA ini membuat performa yang optimal namun bahan bakar tetap lebih efisien,” kata FX Mardiono Danusaputro.

Selain itu, mesin Isuzu MU-X mampu menyesuaikan dengan bahan bakar yang ada di Indonesia. Soalnya, mesin MU-X dibalut filter ganda dan diamond like-carbon pada sistem bahan bakarnya, sehingga menjadikan mesin lebih tahan lama. Selain itu, perawatan mesin juga lebih efisien dengan penggunaan timing-chain, bukan timing-belt yang harus melakukan pergantian secara berkala.

Penampilan Isuzu MU-X 4×2 i-Series kali ini tampak lebih gagah dan elegan dengan adanya penyegaran pada desain front facia and bumper yang lebih tebal dan mengalir pada lampu utama. Dijelaskan, projector headlamp Isuzu MU-X menggunakan lampu Bi-beam LED dipadu LED DRL, sehingga cahaya terlihat lebih terang dan tahan lama, termasuk adanya fitur auto levelling headlamp. Sedangkan untuk lampu belakang, juga menggunakan LED side marker lamp, dengan posisi lampu LED hingga ke bagian samping kanan.

Tampilan kendaraan juga semakin segar dengan adanya perubahan bumper depan dan belakang yang berwarna hitam glossy serta desain velg yang sudah menggunakan dua sentuhan warna. Sementara itu, untuk bagian interior, adanya smart-key (passive entry and start system) and engine start-stop button memberi kemudahan pengguna pada awal berkendara.

Kenyamanan dalam berkendara Isuzu MU-X didukung ruang kabin dan bagasi yang luas, kursi penumpang dan pengendara elektrik yang bisa diubah-ubah, serta dipadu jok kulit hitam yang berkesan elegan.

“Kesan elegan ini juga semakin terlihat pada beberapa bagian seperti soft-pad surface di dasbor, dipadu ornamen black-piano, leather door-trim pad, serta ambient light door-trim,” tutur Mardiono. Selain itu, kata dia, suspensi khas dari Isuzu semakin melengkapi kenyamanan pada saat melewati berbagai kondisi jalan dengan adanya kombinasi independent double wishbone di bagian depan dan 5-link suspension pada bagian belakang serta coil spring and stabilizer bar pada empat rodanya.

Kenyamanan MU-X juga sangat terasa dalam kemampuan mobil itu meredam getaran. Isuzu memang memperlengkapi MU-X dengan peredam istimewa yakni sistem kontrol traksi dan stabilizer lima cincin. Fitur TCS dan ESC di MU-X bisa meredam getaran dan goncangan dengan maksimal.

FX Mardiono Danusaputro melanjutkan, untuk sisi keselamatan berkendara, Isuzu MU-X juga didukung sistem keselamatan yang bisa diandalkan. Fitur keselamatannya telah dilengkapi kantung udara ganda dan sabuk keselamatan dengan pretensi pembatasan berat. Pada bagian rem, Isuzu MU-X sudah menggunakan cakram rem di empat rodanya.

Safety system feature semakin lengkap dengan adanya fitur-fitur ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution), BA (Break Assist), ESC (Electronic Stability Contro)l, TCS (Traction Control System), dan juga HSA (Hill Start Assist) dan HDC (Hill Descent Control).

“Fitur ini membantu pengemudi dengan cara mengontrol rem untuk tetap pada kecepatan rendah saat melalui jalanan menurun, sehingga membuat Isuzu MU-X semakin aman untuk dikendarai,” tutur dia.

FX Hartanta Adi Nugroho menambahkan, Isuzu mu-X juga memiliki tipe 4×4 yang didesain sesuai keadaan geografis dan karakteristik pasar di Indonesia. Segmentasi penggunaan Isuzu MU-X varian 4×4 yang disasar pun beragam, mulai dari segmen perkebunan, pertambangan, kontraktor infrastruktur, industri migas, serta area-area hutan yang banyak terdapat di daerah Kalimantan dan Sumatera.

Desain Isuzu MU-X varian 4×4 memiliki standar mobil SUV High dengan tetap mempertahankan Isuzu DNA dalam mendukung keselamatan kerja, tangguh, serta efisien. Isuzu MU-X varian 4×4 menggunakan transmisi manual lima percepatan dengan pengoperasian yang mudah dan nyaman karena dioperasikan secara elektrik (shift on the fly). Mesin ciri khas Isuzu dengan torsi flat yang irit bahan bakar tetapi juga bertenaga serta memiliki napas panjang. Termasuk fitur keselamatan salah satunya yaitu rear-camera, yang dapat membantu pengemudi saat berjalan mundur.

Sedangkan di bagian bawah kendaraan, dilengkapi pelat pelindung mesin dan transmisi untuk mencegah benturan. Menurut dia, varian 4×4 juga dilengkapi LSD (limitted slip differential) yang membantu mengurangi slip pada saat di medan offroad. “SUV dengan varian 4×4 ini, memiliki harga yang kompetitif di kelasnya, sehingga dapat menjadi real partner bagi operasional perusahaan,” tambah dia.

Isuzu MU-X, Drive With Confidence, Berkendara bersama seluruh anggota keluarga bakal lebih seru dengan mengendarai SUV High yang tangguh dengan kabin yang luas seperti Isuzu mu-X. Mesin khas dari Isuzu yang efisien serta dilengkapi dengan fitur kenyamanan dan keselamatan membuat berkendara bersama Isuzu MU-X menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pilihan cerdas untuk upgrade diri kamu untuk menjadi lebih percaya diri dengan Isuzu Mu-X, Drive with Confidence. (*/anto/10-09-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *